10 Makanan yang Merugikan Ginjal Kamu Tanpa Disadari

JABAR EKSPRES – Ginjal merupakan organ krusial dalam menjaga kesehatan tubuh, memastikan tubuh tetap bersih dari racun, mengontrol tekanan darah, dan menyaring cairan berlebih. Namun, ketika ginjal mengalami masalah, berbagai fungsi ini dapat terganggu. Oleh karena itu, peran pola makan yang ramah ginjal sangat penting untuk menjaga kesehatan organ ini.

Menurut Catalina Ruz, seorang ahli diet dan gizi, nutrisi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Untungnya, tidak perlu bergantung pada minuman detoks yang aneh atau ramuan tidak enak untuk mendukung kesehatan ginjal. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 makanan terbaik dan terburuk untuk kesehatan ginjal, berdasarkan pandangan ahli diet.

Makanan Terbaik untuk Ginjal

1. Sayuran Berdaun Gelap

Sayuran berdaun gelap kaya akan antioksidan, vitamin C, E, dan K, serta mineral seperti kalsium, magnesium, potasium, dan zat besi. Menurut Ruz, sayuran ini efektif melawan peradangan dan melindungi ginjal dari kerusakan oksidatif.

2. Ceri Asam

Ceri asam tidak hanya kaya akan vitamin A dan antioksidan, tetapi juga telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang sehat mendukung kesehatan ginjal dalam jangka panjang.

3. Tahu

Untuk protein nabati yang mendukung kesehatan ginjal, tahu adalah pilihan yang baik. Ruz menjelaskan bahwa protein nabati membantu meningkatkan pH tubuh, mendukung ginjal dalam menyeimbangkan asam dan menjaga keseimbangan tubuh.

4. Biji Rami

Makanan berserat tinggi seperti biji rami membantu menjaga kestabilan kadar gula darah, yang penting untuk mencegah kerusakan ginjal terkait diabetes tipe 2.

5. Bawang Putih

Bawang putih berfungsi sebagai agen anti-inflamasi yang kuat dan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, bawang putih melawan kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Makanan Terburuk untuk Ginjal

1. Soda Gelap

Soda berwarna gelap mengandung fosfor buatan yang dapat berdampak buruk pada ginjal. Ahli diet menyarankan untuk menghindari konsumsi soda hitam untuk menjaga kesehatan ginjal.

2. Makanan Beku

Makanan olahan beku mengandung tinggi natrium, yang dapat berkontribusi pada tekanan darah tinggi. Ahli merekomendasikan pembatasan asupan natrium untuk menjaga kesehatan ginjal.

Tinggalkan Balasan