BLT EL Nino 2023 Akan Cair November Ini, Begini Cara Cek Lewat HP

JABAR EKSPRES- BLT EL Nino 2023 akan cair sebentar lagi. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa apakah Anda memenuhi syarat sebagai penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) melalui ponsel atau HP pada bulan November 2023.

Pemerintah telah merencanakan penyaluran bantuan PKH pada bulan Juli, Agustus, dan September 2023 dengan tujuan mengurangi angka kemiskinan ekstrem menjadi nol persen pada tahun 2024. PKH adalah inisiatif penting dan mendukung kesejahteraan keluarga yang membutuhkan.

BACA JUGA: BLT EL Nino Cair November Ini, Begini Cara Mudah Cek Lewat HP dan Website

Selain BLT El Nino 2023, pemerintah juga menyiapkan kebijakan ekonomi lainnya. Pemerintah memperpanjang bantuan sosial berupa beras 10 kg per KPM kepada 21,3 juta keluarga. Juga menyiapkan insentif properti, yakni memberikan insentif PPN DTP untuk pembelian rumah di bawah Rp 2 miliar. Insentif ini akan diberikan dalam bentuk pajak pertambahan nilai (PPN) ditanggung pemerintah (DTP) serta pemberian bantuan administratif bagi perumahan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) senilai Rp 4 juta.

Jika Anda ingin mengetahui apakah memenuhi syarat sebagai penerima manfaat dalam PKH atau ingin tahu cara menerima bantuan ini, berikut adalah panduan sederhana yang dapat Anda ikuti menggunakan ponsel atau HP melalui situs resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Pemerintah mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino sebesar Rp 400 ribu untuk dua bulan, yaitu November-Desember 2023. BLT El Nino yang dikucurkan untuk membantu keluarga tidak mampu di tengah kemarau panjang ini akan dibagikan pada November hingga Desember 2023. Sri Mulyani mengungkapkan bantuan ini akan diberikan sebesar Rp200 ribu per bulan per KPM. Dia memastikan penerimaan BLT akan tepat sasaran karena seluruh data telah terdaftar di Kementerian Sosial (Kemensos). Menurutnya, data 18,8 juta KPM sudah tersedia datanya.

Cara cek daftar penerima bansos PKH lewat HP terbaru November 2023:

  • Klik link situs resmi Kementerian Sosial, cekbansos.kemensos.go.id.
  • Isi informasi mengenai wilayah tempat tinggal Anda.
  • Masukkan nama Penerima Manfaat sesuai KTP.
  • Ketikkan kode keamanan yang muncul di layar.
  • Klik tombol “CARI DATA” dan tunggu beberapa saat.
  • Sistem cek bansos akan menampilkan nama dan status sebagai penerima bantuan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan