Info Penting! Bansos Bulan September Akan Cair Sebentar Lagi, Begini Cara Dapatnya

BACA JUGA: Cara Cek Penerima Bansos PKH September 2023

Dalam rangka memenuhi syarat bansos bulan September ini mutlak, data individu harus lengkap, tercatat secara online, dan terpadu saat diajukan kepada desa atau kelurahan serta dalam aplikasi usul-sanggah. Hal ini merupakan prasyarat penting agar data dapat diterima oleh aplikasi yang telah terintegrasi di Dukcapil Pusat.

Ada lima ciri yang menjadi acuan bagi warga atau masyarakat untuk memenuhi kuota yang telah tersedia:

  1. Sudah masuk dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Pusdatin, karena DTKS merupakan referensi data untuk penyaluran bansos.
  2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) yang terdaftar secara online dan sesuai dengan data di Dukcapil, DTKS, serta SIK-NG.
  3. Termasuk dalam penambahan atau penggenapan kuota yang ditentukan oleh Kementerian Sosial, dengan proses yang berlangsung secara sistematis dan tidak dapat diprediksi.
  4. Merupakan keluarga miskin atau rentan yang berada pada desil terbawah data kemiskinan, yang telah tercatat dalam DTKS.
  5. Tidak termasuk dalam golongan penerima upah minimum regional (UMR), Aparatur Sipil Negara (ASN), atau pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang telah berbentuk badan hukum.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan