Sepenting Apakan Planning Sebelum Berbisnis? Berikut Fungsi Perencanaan Agar Bisnis Anda Tidak Rugi

JABAR EKSPRES – Dalam menjalani sebuah bisnis, planning sangat penting untuk dilakukan. Planning adalah perencanaan  yang menjadi kunci keberhasilan suatu bisnis. Tak heran, perusahaan selalu membuat planning untuk meraup keuntungan.

Dalam tulisan ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai pentingnya planning pada suatu perusahaan, seperti dilansir dari BelajarEkonomi.com.

Daripada semakin penasaran, lebih baik langsung saja simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Planning?

Planning ialah suatu proses sistematis yang melibatkan tujuan, pengembangan strategi, dan penentuan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut. Planning berfokus pada perencanaan strategis dan operasional untuk mencapai keberhasilan jangka pendek atau jangka panjang.

Sebuah bisnis harus dapat beradaptasi dan melakukan inovasi agar dapat bertahan bahkan hingga berkembang. Namun, mungkin dalam penerapannya akan terasa sulit dan tidak berjalan mulus sesuai dengan yang diharapkan.

Maka dari itu, perlu dilakukan perencanaan atau planning dalam berbisnis untuk menjalankan tujuan tersebut agar sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, planning juga bermanfaat untuk meminimalisir kerugian.

Fungsi Planning dalam Bisnis

Pentingnya planning berpacu pada fungsi planning itu sendiri yang dapat bermanfaat untuk berjalannya suatu bisnis. Di bawah ini merupakan beberapa fungsi planning dalam berbisnis.

1.    Membantu Capai Tujuan

Pertama, membantu capai tujuan. Perencanaan yang baik tentu dapat membantu suatu usaha dalam melakukan identifikasi tujuan yang jelas serta membuat strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

Adanya planning yang terstruktur, berbisnis akan mempunyai panduan yang jelas untuk mengarahkan upaya mereka menuju pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

2.    Mengoptimalkan Sumber Daya

Suatu planning membantu usaha dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang terbatas, misalnya seperti tenaga kerja, waktu, dan modal perusahaan.

Adanya perencanaan yang baik maka dapat mengetahui prioritas, alokasi yang efisien, serta penggunaan sumber daya yang optimal.

3.    Mengantisipasi Perubahan dan Risiko

Selanjutnya, mengantisipasi perubahan dan risiko. Suatu perencanaan juga memungkinkan dapat mengantisipasi terjadinya perubahan dan risiko yang mungkin saja terjadi di masa yang akan datang.

Perencanaan melalui proses analisis mendalam dan rencana cadangan, bisa membuat respon perubahan pasar dengan sangat baik, persaingan, atau faktor lainnya yang dapat berpengaruh pada operasional.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan