Fitur Translate Kini Hadir di Aplikasi Gmail untuk Perangkat Android dan iOS

JABAR EKSPRES – Google akhirnya mengintegrasikan kemampuan fitur translate secara langsung di aplikasi Gmail untuk pengguna Android dan iOS.

Hal ini memungkinkan para pengguna dengan mudah untuk menerjemahkan konten email saat membuka Gmail melalui perangkat smartphone mereka.

Lihat juga : Google Luncurkan Antarmuka Baru Gmail Khusus Buat HP Lipat, Lebih Keren!

Sejatinya, fitur translate ini sudah lama ada dalam versi web Gmail. Namun, pada tanggal 8 Agustus 2023, pembaruan Android di luncurkan untuk menghadirkan fitur ini.

Sementara, untuk pengguna iOS pembaruan ini di jadwalkan akan di rilis mulai 21 Agustus mendatang.

Mirip dengan versi web, sebuah banner akan muncul di bagian atas email saat isi email terdeteksi dalam bahasa asing.

Misalnya, jika bahasa utama pengguna adalah Bahasa Indonesia dan isi email berbahasa Inggris, maka opsi “Terjemahkan ke Bahasa Indonesia” akan di tampilkan.

Setelah itu, opsi tambahan akan muncul apabila pengguna ingin menerjemahkan email tersebut secara otomatis.

Tentu saja, pengguna juga memiliki pilihan untuk mengabaikan banner tersebut ketika muncul. Atau dapat menggunakan opsi “jangan pernah di terjemahkan” untuk mencegahnya muncul dalam bahasa tertentu.

Meskipun fitur ini terlihat sederhana, tetapi sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering membuka email melalui aplikasi smartphone. Sebab, tidak perlu melakukan penerjemahan secara manual.

Lihat juga : Cara Mencegah Akun Gmail dan YouTube Dihapus Akhir Tahun 2023!

Di karenakan fitur baru Gmail ini menggunakan mesin yang sama dengan Google Translate, bahasa yang di dukung juga sama.

Tidak hanya Bahasa Indonesia dan Inggris, tetapi juga termasuk bahasa Korea, Cina, Arab, dan lebih dari 100 bahasa lainnya di seluruh dunia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan