Apa Makna dari Istilah ‘Sunbae’ yang Lagi Viral di TikTok, Ketahui Jawabannya di Sini

JABAR EKSPRES – Begitu viral aplikasi TikTok, banyak hal baru bermunculan di media sosial tersebut. Salah satunya adalah istilah “Sunbae,” yang ternyata berbeda dengan istilah “Sunbaenim.”

Bagi para pecinta drama Korea atau drakor, tentunya dua kata ini sudah tidak asing lagi. Namun, tahukah Anda apa arti sebenarnya dari istilah yang lagi viral ‘Sunbae’ dan perbedaannya dengan Sunbaenim?

Sunbaenim merupakan kata asli dari Bahasa Korea yang menjadi populer di Indonesia karena begitu banyaknya pecinta drakor di Tanah Air. Bagi mereka, istilah Sunbaenim adalah sesuatu yang sering didengar.

BACA JUGA: Lagi Viral Latte Makeup di TikTok, Cocok Banget Buat Pemula!

Namun, meskipun kata Sunbaenim cukup populer, masih banyak orang yang belum paham sepenuhnya makna sebenarnya. Jadi, mari kita jelaskan apa arti sebenarnya dari Sunbaenim.

Dalam Bahasa Korea, Sunbaenim berarti “senior.” Kata ini digunakan sebagai panggilan hormat kepada seseorang yang lebih tua atau lebih berpengalaman, baik laki-laki maupun perempuan.

Selain sebagai panggilan, Sunbaenim juga mencerminkan rasa hormat dan penghargaan dari seorang junior kepada seorang senior.

Istilah ini kerap digunakan untuk menyapa kakak kelas, senior di tempat kerja, atau sesama artis yang telah debut atau memulai karier lebih awal.

Dalam tata bahasa Korea, Sunbaenim adalah jenis panggilan yang sangat sopan dan formal.

BACA JUGA: Wajah Gosong akibat Pemutih Viral di TikTok, Begini Kisahnya

Sebuah penghormatan yang khas dari seorang junior kepada seorang senior yang tak terlalu akrab.

Namun, begitu kedekatan dan keakraban terjalin, seorang junior bisa menggunakan panggilan Sunbae yang lebih santai untuk berkomunikasi dengan senior mereka.

Jadi, itulah beda antara Sunbae dan Sunbaenim. Sunbaenim lebih mengacu pada panggilan yang penuh hormat untuk senior, sementara Sunbae adalah panggilan yang lebih akrab dan santai setelah kedekatan terjalin.

Untuk para pecinta drakor, memahami istilah-istilah ini bisa menambah kegembiraan dalam menikmati drama-drama Korea yang menawan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan