Ide Hukuman MPLS yang Mendidik Tapi Lucu

2. Menyebutkan Sila dalam Pancasila

Tebak sila dalam Pancasila bisa menjadi hukuman yang seru. Panitia bisa menyebutkan sila berapa saja secara acak antara lima sila dalam Pancasila untuk disebutkan oleh peserta didik yang kalah dalam permainan.

Hal ini bisa memicu tawa peserta lain bila kerap salah dalam menjawab. Hal ini juga melatih daya ingat dan reflek peserta MPLS.

Baca juga : 20 Link Twibbon MPLS 2023, Paling Keren Jadi SW atau Story IG

3. Membaca surah pendek Al-Quran

Jika di lingkungan lembaga pendidikan islam, hukuman ini sangat patut untuk dilakukan. Caranya adalah Panitia meminta peserta didik yang kalah untuk dihukum dengan membaca surah pendek di Al-Quran, di depan guru dan peserta didik lain.

4. Menyanyi lagu wajib nasional

Hukuman yang satu ini juga sering dilakukan, selain untuk melatih kemampuan bernyanyi, juga untuk menumbuhkan jiwa patriotisme peserta MPLS. Kamu bisa menyuruh peserta untuk memilih lagu wajib yang dia kuasai, atau berdasar pilihan panitia. Beberapa lagu yang banyak digunakan sebagai hukuman seperti Bagimu Negeri, Satu Nusa Satu Bangsa, Tanah Airku, Garuda Pancasila, dan lain.

5. Berpantun

Pantun adalah karya sastra yang menarik karena dilengkapi rima dan irama serta makna. Membuat pantun juga akan menguji kreatifitas peserta didik. Mintalah peserta yang kalah dalam permainan untuk berpantun di depan teman-temannya.

6. Membaca puisi

Siapa pun yang kalah dalam permainan akan diganjar dengan hukuman membaca puisi di depan guru dan teman-teman di sekolah. Panitia MPLS bisa memberikan tema puisi yang harus dibacakan.

7. Menyebutkan nama guru

Pastikan terlebih dahulu agar peserta MPLS sudah mendapatkan materi tentang perkenalan kepada guru. Sehingga peserta tidak akan bingung, dan hanya perlu mengulang kembali memorinya pada materi yang sudah diberikan.

Demikian contoh hukuman dalam MPLS yang sangat mendidik dan juga bisa jadi lucu bila para peserta yang dihukum tidak hafal. Hal ini kadang disebabkan peserta yang dihukum terlalu gugup sehingga semua yang diingat menjadi hilang dan kurang bisa menjaga konsesntrasinya.

Tinggalkan Balasan