5 Peluang Karir Mahasiswa Lulusan Kesehatan Masyarakat!

JABAR EKSPRES – Lulusan kesehatan masyarakat (Kesmas) atau mahasiswa yang mempelajari jurusan ini tak perlu merasa cemas mengenai karir masa depan, karena terdapat beragam prospek kerja menjanjikan bagi mereka. Merupakan suatu kebanggaan bagi lulusan kesehatan masyarakat karena jurusan ini memiliki jenjang karir yang menjanjikan. Bagi mahasiswa kesehatan masyarakat, sangat penting untuk mengetahui berbagai prospek pekerjaan yang tersedia setelah lulus.

Baca Juga: 4 Keterampilan Penting untuk Calon Mahasiswa!

Prospek kerja lulusan kesehatan masyarakat sangatlah luas, dan berikut adalah lima di antaranya yang dapat dijadikan rekomendasi bagi mahasiswa atau lulusan kesehatan masyarakat:

1. Administrator Layanan Kesehatan Masyarakat:

Sebagai administrator layanan kesehatan atau healthcare administrator, lulusan kesehatan masyarakat memiliki peran penting dalam memastikan efektivitas dan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga medis.

2. Penyuluh Kesehatan Masyarakat:

Sebagai penyuluh kesehatan masyarakat (PKM), lulusan kesehatan masyarakat bertugas memberikan penyuluhan dan promosi kesehatan kepada masyarakat. Karier PKM menjanjikan karena terdapat jenjang karier dari Penyuluh Kesehatan Masyarakat Pelaksana hingga Penyuluh Kesehatan Masyarakat Madya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

3. Biostatistician:

Profesi sebagai biostatistician membutuhkan keahlian dalam bidang biostatistik dan bertugas meneliti informasi terkait dengan kesehatan masyarakat. Bidang ini menawarkan prospek kerja menjanjikan untuk lulusan kesehatan masyarakat.

4. Epidemiolog:

Sebagai epidemiolog, lulusan kesehatan masyarakat akan terlibat dalam penanganan insiden, penyebaran, dan pengendalian penyakit di populasi. Peluang kerja peminatan Epidemiologi terdapat di Rumah Sakit, Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, dan Laboratorium Riset.

5. Bidang Manajemen Kesehatan:

Prospek kerja lainnya adalah terjun ke dalam bidang manajemen kesehatan. Di bidang ini, lulusan akan berurusan dengan pengelolaan personalia, manajemen keuangan, logistik, dan hal-hal lainnya yang masih berkaitan dengan kesehatan.

Baca Juga: Peluang Beberapa Karir Lulusan Kesehatan Masyarakat!

Demikianlah beberapa prospek kerja bagi lulusan kesehatan masyarakat yang dapat dijadikan rekomendasi bagi mahasiswa yang tengah mengambil jurusan ini. Semoga informasi ini juga dapat menjadi pertimbangan bagi calon mahasiswa baru yang akan memilih jurusan kesehatan masyarakat. Lulusan kesehatan masyarakat memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memberikan kontribusi nyata dalam bidang kesehatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan