9 Rekomendasi Makanan Ikan Lele yang Kaya Nutrisi, Dijamin Cepat dalam Pertumbuhan

4. Cacing Tanah

Selanjutnya, Cacing tanah juga dapat menjadi makanan nutrisi untuk lele. Cacing tanah mengandung protein tinggi yang bahkan lebih tinggi daripada daging sapi atau kambing. Namun, sebelum memberikan cacing tanah sebagai makanan, pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu agar tidak mengotori kolam lele.

5. Tanaman dan Dedaunan

Selain itu, Anda juga dapat memberikan tanaman dan dedaunan sebagai makanan ikan lele. Salah satu tanaman yang baik sebagai pakan lele adalah tanaman azzola. Selain berperan sebagai makanan, tanaman azzola juga dapat di gunakan untuk menjaga kelembapan tanah dalam kolam dan mendukung pertumbuhan lele.

6. Daging Unggas

Daging unggas juga termasuk dalam makanan ikan lele yang kaya nutrisi. Kandungan protein yang cukup tinggi dalam daging unggas dapat membantu pertumbuhan ikan lele dengan baik. Anda dapat memberikan potongan daging unggas atau jeroan sebagai pakan untuk lele.

7. Fermentasi Tahu

Fermentasi ampas tahu juga dapat di gunakan sebagai makanan lele yang kaya nutrisi. Campuran ampas tahu, dedak, molase, tepung ikan, probiotik EM4 perikanan, dan ragi tempe dapat di olah dalam wadah tertutup dengan lubang selang agar oksigen tetap dapat masuk. Setelah sekitar 5 hari, fermentasi ampas tahu siap di gunakan sebagai pakan lele.

8. Pelet Ikan Lele

Salah satu jenis pakan yang sering di gunakan dalam budidaya lele adalah pelet ikan lele. Pelet ini terbuat dari berbagai bahan seperti tepung, bungkil kedelai, bungkil kelapa, mineral, dedak, minyak, dan vitamin. Dengan campuran yang tepat, pelet ikan lele dapat memberikan nutrisi yang optimal bagi pertumbuhan dan kualitas daging ikan lele.

9. Eceng Gondok

Terakhir, eceng gondok dapat di gunakan sebagai tambahan dalam kolam lele. Meskipun bukan makanan utama, eceng gondok dapat memberikan nutrisi kepada ikan lele sebagai pengganti pakan jika Anda kesulitan mendapatkan pelet ikan atau makanan lele lainnya.

Namun, setelah Anda bisa mendapatkan makanan lele yang sesuai sebaiknya menggantikan eceng gondok dengan pakan utama agar pertumbuhan lele tetap optimal.

Baca juga : 10 Tips Praktis dan Cepat Menghilangkan Bau Daging Kambing

Tinggalkan Balasan