LPP Ariyanti Cetak Wirausahaan di Bidang Kuliner Lewat Program PKW

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Ariyanti merupakan salah satu lembaga yang mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara ilmiah dan melembaga langsung kepada masyarakat, untuk mengembangkan kemampuan sebagai wahana pendidikan dalam membantu mewujudkan tujuan pembangunan nasional.

Salah satunya adalah diadakannya setiap tahun Program Pendidikan Kecakapan & Wirausaha (PKW).

PKW adalah layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan menumbuhkan sikap mental, kemampuan kreatif, inovatif, dan menciptakan sesuatu dengan kreativitas berwirausaha dalam mengembangkan kemampuan potensi diri dan lingkungan untuk dijadikan bekal berwirausaha dan merintis usaha mandiri yang dibimbing oleh mitra usaha.

Sasaran umum PKW yang dilaksanakan oleh LPP Ariyanti adalah anak usia sekolah tidak sekolah (ATS) yang dimana usia antara 15 s.d. 25 tahun yang masih menganggur. Diutamakan yang mengikuti PKW dari keluarga tidak mampu atau pernah menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP). Program PKW setiap tahunnya diikuti oleh 30-35 orang.

LPP Ariyanti sendiri konsisten untuk terus mencetak wirausahawan di bidang kuliner. Dimana dengan konsistensi LPP Ariyanti dibuktikan dengan penyelenggaraan program PKW dari Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbud Ristek di bidang pastry and bakery selama 6 tahun berturut-turut.

Direktur LPP Ariyanti, Ibu Ishviastuti Oskar, SE. mengatakan bahwa pemilihan dalam spesialisasi di bidang kuliner karena melihat potensi kuliner di Bandung yang sangat menjanjikan setiap tahunnya.

Ditambah dengan adanya bantuan program PKW, peserta didik mendapatkan pelatihan dan pembinaan secara gratis sekaligus bisa membuka usaha dengan modal yang diberikan. Banyak peserta didik yang kini sudah berhasil mengembangkan atau membuat brand kuliner sendiri.

Mereka juga sudah ada yang membuka toko sendiri untuk menjual produk mereka. Produk yang dijual sangat beraneka ragam, seperti kue kering, cake, bahkan modifikasi mie instan sesuai dengan minat pasar.

Rata-rata alumni dari LPP Ariyanti berhasil mengembangkan usaha selepas dari program PKW. Selain itu, mereka membuka toko secara offline para alumni juga biasanya memanfaatkan secara online atau digital untuk memasarkan produk mereka.

Tinggalkan Balasan