Ajojing Ala Ala Ajojing Tuh Artinya Ini, Viral Jadi Sound Tiktok!

JABAREKSPRES – Makna dari kata ajojing yang sedang viral di TikTok menarik untuk dibahas. Bagi pengguna TikTok, pasti sudah familiar dengan lagu yang sedang viral belakangan ini, “ajojing ala ala ajojing”.

Banyak pengguna TikTok, termasuk akun resmi Persib Bandung, mengunggah video dengan lagu ini. Jadi, apa sebenarnya arti dari kata ajojing?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), ajojing berarti menari dengan gerakan melompat-lompat.

Berdasarkan beberapa sumber, ajojing merupakan kependekan dari “ayo joget jingkrak-jingkrak”.

Kata ini menjadi populer pada tahun 1970-an dan 1980-an karena pengaruh film-film remaja yang mulai berkembang saat itu, seperti “Catatan Si Boy”, “Warkop DKI”, dan sebagainya.

Selain ajojing, ada beberapa kata gaul lain yang terkenal pada masa itu, seperti gokil (gila), bokek (tak punya uang), doski (dia), dan masih banyak lagi.

Kata-kata ini bahkan masih digunakan dan dikenal sampai sekarang. Selain karena film-film baru, kata ajojing juga terkenal karena lagu dari musisi dangdut legendaris, Rhoma Irama.

Rhoma Irama dan Rita Sugiarto merilis lagu berjudul “Ajojing” pada tahun 1976, yang termasuk dalam album Soneta vol. 6. Anda dapat mendengarkan lagu tersebut di kanal YouTube resmi Rhoma Irama.

BACA JUGA: Viral! Ini Lirik Lagu Aldi Taher – Maafkan Video Syur Aku Fadly

Namun, lagu “Ajojing” yang sedang viral di TikTok adalah versi musik Sunda. Lagu ini sebelumnya dinyanyikan oleh seorang dalang wayang golek asal Sunda sambil menggerakkan wayangnya.

Menurut informasi di kanal YouTube Jagat Sunyaruri, lagu “Ajojing” awalnya dinyanyikan oleh karakter Gareng oleh dalang Dede Amung asal Bandung.

Kemudian, lagu ini menjadi viral lagi melalui dalang Irwana Sunandar asal Kuningan. Lagu ini digunakan sebagai pengiring dalam pertunjukan wayang bodor atau cerita lucu yang melibatkan tokoh Cepot.

Pertunjukan wayang bodor penuh dengan humor, pesan moral, dan pesan agama.

Biasanya, pertunjukan wayang bodor diselenggarakan dalam acara besar, seperti hari-hari besar dalam agama Islam, pernikahan, khitanan, dan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Berikut adalah lirik dari lagu “Ajojing Ala Ala Ajojing”.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan