Duet Ganjar-AHY untuk Jegal Anies Baswedan?

Hasto menjelaskan, masuknya nama AHY karena PDIP ingin mengedepankan politik yang merangkul semua elemen. “Ya, ketika nama itu muncul, Mas AHY disampaikan Mbak Puan Maharani (Ketua DPP PDI Perjuangan), spirit yang ada kan spirit yang merangkul seluruh elemen politik,” jelas dia.

PKS Pastikan Koalisi Perubahan Solid

Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf menegaskan bahwa selaku rekan koalisi di KPP, PKS tetap konsisten memperjuangkan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres).

“Konsisten dalam memperjuangkan calon presiden Anies Rasyid Baswedan sesuai amanat Majelis Syuro PKS. PKS memiliki komitmen yang kuat terhadap Anies Rasyid Baswedan sebagai capres Koalisi Perubahan,” kata Al Muzammil dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Konsistensi dukungan tersebut, kata dia, juga berlaku sama dengan partai anggota KPP lainnya hingga saat ini.

“Mitra koalisi PKS yaitu Partai NasDem dan Partai Demokrat juga tetap komitmen terhadap hal tersebut,” ucapnya.

Al Muzammil juga mengatakan bahwa PKS akan terus berupaya menjaga kesatuan dan soliditas KPP dalam menghadapi perhelatan politik mendatang

“Kami berharap bahwa segala bentuk komunikasi politik yang dilakukan oleh partai-partai koalisi dapat menguatkan dan memperkuat koalisi yang sudah terjalin dengan baik,” ujar dia.

Dia menekankan pula bahwa pembukaan komunikasi antara tiga partai koalisi dengan berbagai partai politik dan tokoh di luar koalisi merupakan hal yang biasa.

“Partai politik memiliki tugas dan fungsi untuk menjalin komunikasi politik dengan semua pihak,” imbuhnya.

Terakhir, dia menjelaskan bahwa dialog terkait bakal cawapres Anies Baswedan masih terus berlangsung. Sebagaimana kesepakatan bersama KPP, lanjut dia, keputusan dalam menyeleksi usulan-usulan bakal cawapres yang diajukan oleh tiga partai koalisi diberikan kepada Anies Baswedan.

Silahturahmi Adalah Sebuah Kebaikan

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim merespons rencana pertemuan Ketum Demokrat dengan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. Hermawi tak mempermasalahkan rencana pertemuan AHY dengan Puan.

“Baguslah sebagai bagian dari silahturahmi kebangsaan. Tokoh-tokoh partai harus terus saling bersilahturahmi terlepas dan pilihan politik masing-masing. Silahturahmi adalah sebuah keniscayaan,” kata Hermawi dilansir dari laman JawaPos, Senin (12/6).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan