Ternyata Al Zaytun Pernah Dikunjungi 8 Tokoh dan Pejabat Berpengaruh!

JABAREKSPRES – Beragam hal kontroversi Pondok Pesantren Al Zaytun belakangan ini menjadi viral di media sosial. Tindakan yang dilakukan oleh Panji Gumilang di ponpes tersebut acap kali mengundang pertikaian publik.

Sorotan publik terhadap ponpes Al Zaytun mulai dari salam Yahudi, pelaksanaan shalat laki-laki dan wanita dicampur, mazhab Soekarno, dan lain sebagainya.

Meskipun menuai banyak hal kontroversi akan tetapi ternyata Al Zaytun memiliki pengaruh besar terhadap para tokoh nasional dan pejabat Indonesia.

Merangkum dari berbagai sumber, inilah tokoh dan pejabat yang sudah pernah mengunjungi Pondok Pesantren Al Zaytun:

8 Tokoh dan Pejabat yang Pernah Berkunjung ke Al Zaytun

1. Soeharto

Berdasarkan bukti foto Panji dan Soeharto dan ucapan langsung darinya yang diperkuat oleh Hendropriyono bahwasannya Soeharto pernah memiliki kedekatan hubungan dengan Panji Gumilang. Bahkan Panji menegaskan bahwa Soeharto pernah memberikan sumbangan terhadap ponpes tersebut.

2. BJ Habibie

Ponpes Al Zaytun diresmikan pada tanggal 27 Agus 1999, peresmian tersebut langsung dilakukan oleh BJ Habibie yang pada waktu ini sedang menjabat sebagai Presiden.

Menurut pengakuan Habibie ia meresmikan pondok pesantren untuk mendukung SDM yang bertakwa dan mengagendakan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca Juga: Apakah Al Zaytun Produk Intelijen?

3. AM Hendropriyono

Hendropriyono merupakan tokoh intelijen dan militer Indonesia, ia pernah menjabat sebagai Komandan Kodiklat TNI AD dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Nama Hendropriyono kerap disebut ketika kasus Talangsari III yang merenggut 130 nyawa dan kasus Munir. Kunjungan Hendropriyono ke ponpes tersebut tepat di tanggal 1 Mei 2023 untuk mewakili Presiden pada saat itu.

Hendropriyono pada saat itu mengeluarkan statement siapa pun yang menghujat Al Zaytun akan ia hajar.

4. Jusuf Kalla

Jusuf Kalla yang pernah menjabat sebagai Wakil Presiden pun ternyata pernah mengunjungi pondok pesanteren tersebut dua kali.

Kehadian Jusuf Kalla ke tempat tersebut untuk menghadiri acara yang diadakan oleh ponpes.

5. Moeldoko

Selanjutnya ada Jenderal TNI (PURN) yang saat ini mejabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia (KSP) yaitu Moeldoko. Menurut pengakuan Moeldoko ia pernah mendatangi pondok pesantren tersebut dengan misi kesadaran bela negara karena ada isu yang dikaitkan dengan NII.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan