Simak Tata Cara Pendaftaran PPDB Kota Bandung 2023, Jangan Sampai Ada yang Terlewat!

JABAR EKSPRES – Bagaimana tata cara pendaftaran PPDB di Kota Bandung tahun 2023? Simak di artikel ini dan jangan sampai ada yang terlewatkan.

PPDB adalah kepanjangan dari “Penerimaan Peserta Didik Baru”. PPDB merupakan proses penerimaan calon peserta didik baru pada tingkat pendidikan tertentu di Indonesia.

PPDB bertujuan untuk mengatur dan memfasilitasi penerimaan peserta didik baru secara adil dan transparan.

BACA JUGA: Info PPDB 2023 Terbaru Kota Bandung, Simak di Sini dari Mulai Zonasi dan Jadwal

Proses ini melibatkan pendaftaran calon siswa, penyeleksian, dan penempatan siswa pada sekolah-sekolah yang sesuai dengan kriteria dan kapasitas yang ada.

Dalam PPDB 2023, calon siswa atau orang tua/wali siswa harus mengikuti proses pendaftaran yang ditetapkan oleh masing-masing sekolah.

Biasanya, proses pendaftaran meliputi pengumpulan dokumen persyaratan, pengisian formulir, ujian seleksi (jika diperlukan), dan penentuan hasil seleksi.

Berikut adalah langkah-langkah pendaftaran PPDB di Kota Bandung sebagai berikut:

1. Calon peserta didik dapat didaftarkan oleh sekolah asal menggunakan mekanisme dalam jaringan (daring/online);

2. Apabila calon peserta didik berasal dari sekolah yang berada di luar kewenangan dinas, maka calon peserta didik dapat melakukan pendaftaran secara mandiri melalui laman resmi PPDB Kota Bandung https://ppdb.bandung.go.id;

3. Selanjutnya, orang tua/wall wajib melakukan verifikasi sekolah pilihan yang dibuktikan dengan pernyataan tertulis dari orang tua/wali calon peserta didik.

4. Apabila sudah yakin serta data sudah benar, maka orang tua/wali wajib melakukan konfirmasi atas pilihan jalur dan sekolah tujuan pada aplikasi PPDB

5. Saat orang tua/wali sudah melakukan konfirmasi jalur dan pilihan sekolah, maka tidak dapat diubah lagi. Orang tua/wali bertanggung jawab akan konfirmasi kebenaran data tersebut

6. Kemudian, sekolah tujuan wajib melakukan verifikasi dan validasi dokumen calon peserta didik sesuai ketentuan yang berlaku

7. Setelah verifikasi dan validasi dilakukan, maka data pendaftar akan muncul pada kolom data pendaftar di sekolah tersebut.

Sedangkan untuk alur pendataan PPDB di Kota Bandung ada di bawah ini.

1. Memilih pilihan sekolah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan