Google Akan Hapus Akun yang Tak Aktif Lebih dari 2 Tahun

JABAR EKSPRES- Apakah Anda memiliki akun Gmail yang sudah lama tidak aktif, tidak digunakan selama lebih dari dua tahun? Mungkin sekarang saatnya untuk masuk ke akun Google tersebut.

Pada hari Selasa, perusahaan teknologi raksasa tersebut mengumumkan perubahan kebijakan terkait akun “tidak aktif” dan akan menghapus akun Gmail, YouTube, dan Google Foto yang tidak digunakan setidaknya selama dua tahun, mulai akhir tahun 2023.

Dalam pengumuman yang dipublikasikan secara online pada hari Selasa, Ruth Kricheli, Wakil Presiden Manajemen Produk , menyatakan, “Mulai akhir tahun ini, jika Akun Google tidak digunakan atau tidak masuk selama minimal 2 tahun, kami dapat menghapus akun dan kontennya—termasuk konten di dalam Google-Workspace (Gmail, Dokumen, Drive, Meet, Kalender), YouTube, dan Foto.”

Kebijakan baru ini hanya berlaku untuk akun pribadi dan tidak berlaku untuk akun bisnis, seperti yang dijelaskan oleh Kricheli. Proses penghapusan akun akan dimulai pada bulan Desember 2023, memberikan pengguna waktu lebih dari enam bulan untuk masuk ke akun mereka jika mereka ingin mempertahankannya.

Perusahaan Teknologi ini melakukan ini sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan keamanan. Akun yang tidak aktif cenderung tidak memiliki autentikasi multi-faktor, yang merupakan alat yang diluncurkan secara luas sekitar satu dekade lalu dan memberikan perlindungan yang signifikan terhadap peretas.

Google mencatat bahwa mereka akan memulai dengan menghapus akun yang dibuat tetapi tidak pernah digunakan, dan secara bertahap akan beralih ke akun lainnya. Mereka juga akan mengirimkan beberapa peringatan tentang penghapusan akun, walaupun kemungkinan besar tidak akan terlihat oleh orang yang benar-benar mengabaikan akun tersebut. Namun, Google juga akan mengirimkan peringatan ke alamat email pemulihan akun yang diberikan saat mendaftar sebagai tindakan pencegahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan