Apa yang Menyebabkan Berbagai Bentuk Perlawanan Terhadap Belanda Sering Mengalami Kegagalan?

JABAR EKSPRES – Sebuah pertanyaan muncul pada Buku Tematik Terpadu Tema 7 untuk Kelas 5SD/MI Kurikulum 2013 edisi revisi 2017, Pembelajaran 4 Subtema 1 tentang Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan.

Pertanyaan tersebut berbunyi Mengapa berbagai bentuk perlawanan terhadap Belanda sering mengalami kegagalan? Lantas, apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi?

Simak terus artikel ini untuk mengetahui berbagai alasan dan penyebab perlawanan terhadap Belanda sering gagal.

Awal Mula Penjajahan Belanda ke Indonesia

Penjajahan Belanda di Indonesia bermula pada tahun 1596, mereka pertama kali berlabuh di wilayah Banten di bawah kepemimpinan Cornelis de Houtman.

Penjajahan tersebut berlangsung selama 350 tahun (3,5 abad) yang memiliki tujuan perdagangan dan mendapatkan berbagai rempah dengan harga yang sangat rendah.

Bangsa Belanda pun terus berdatangan untuk merampas rempah-rempah yang ada di Indonesia. Mereka meningkatkan kekuatannya dengan mendirikan kongsi dagang Verenigde Oost-Indische Compagnie (VOC).

Semenjak VOC berdiri, Belanda kerap melakukan monopoli perdagangan di Indonesia dan pada tahun 1619 mereka berhasil menguasai Batavia.

Seluruh tindakan monopoli dan sikap bangsa Belanda terhadap Indonesia membuat rakyat menjadi melarat. Dan rakyat Indonesia pun berusaha melakukan perlawanan dari daerah masing-masing.

Pemerintahan VOC berubah menjadi Kolonial Belanda yang diakibatkan oleh revolusi Perancis pada tahun 1789. Lalu VOC bubar satu tahun kemudian akibat dari gelombang revolusi tersebut serta agresi Inggris ke Indonesia.

Herman Willem Daendels, politikus asal Belanda, diangkat menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada tahun 1808. Di bawah kepemimpinannya tersebut, Daendels membagi Pulau Jawa menjadi sembilan bagian.

Daendels pun menerapkan sistem perbudakan dan kerja paksa atau kerja rodi yang menyebabkan rakyat menderita hingga meninggal dunia.

Tindakannya tersebut mendapat banyak kecaman besar dari bangsa Indonesia dan Belanda. Hingga akhirnya, Daendels digantikan oleh Jansens pada tahun 1811.

Namun, Jansens harus menyerah pada bangsa Inggris yang menguasai Indonesia pada saat itu.

Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Belanda

Sebelum memasuki abad ke-20, Indonesia telah melakukan beberapa usaha perlawanan terhadap penjajahan Belanda.

  • Perang Padri

Berawal dari konflik antara Kaum Padri dan Kaum Adat mengenai pemurnian agama Islam di Sumatera Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan