Sebelum Mudik! Ciri-ciri Ban Motor yang Harus Diganti

  • Ada suara aneh saat berkendara

Selain itu adanya suara aneh saat berkendara. Suara aneh dapat terjadi karena berbagai faktor seperti adanya benda asing yang menempel pada ban atau ausnya ban yang sudah parah.

Jika kalian mendengar suara aneh saat berkendara, segera periksa kondisi ban motor kalian dan segera ganti jika memang dibutuhkan.

Baca Juga: Pentingnya Mengganti Oli Motor Kalian Saat Mudik!

  • Ban sudah mengalami perubahan bentuk

Sementara perubahan bentuk pada ban motor. Perubahan bentuk dapat terjadi karena seringnya melintasi jalan yang buruk atau kurang cocoknya ban yang digunakan dengan jenis motor tersebut.

Jika ban motor sudah mengalami perubahan bentuk seperti ban terlihat bulat atau telapak ban sudah menyempit, segera ganti ban motor kalian karena bentuk yang tidak sesuai dapat memperburuk traksi dan handling motor.

Itulah beberapa ciri-ciri ban sepeda motor yang sudah harus diganti. Menjaga kondisi ban motor adalah salah satu faktor penting dalam menjaga keselamatan saat berkendara. Selalu periksa kondisi ban secara berkala dan segera ganti jika memang dibutuhkan. Dengan demikian, kalian dapat menghindari risiko kecelakaan dan menjaga kinerja motor dalam kondisi optimal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan