Dijamin Aman & Lancar! Tips Saat Mudik Lebaran 2023

JABAR EKSPRES – Mudik Lebaran sudah menjadi salah satu tradisi masyarakat Muslim untuk pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga dan kerabat terdekat.

Baca juga: 6 Tips Aman Sebelum Mudik Lebaran Meninggalkan Rumah

Hari raya Idul Fitri atau Lebaran sudah ada ada didepan mata kita, melansir dari Polres Garut sangat penting bagi kita untuk mengetahui hal-hal yang perlu di ingat agar perjalanan mudik kita aman dan juga lancar.

Saat mudik lebaran kita pasti merasa khawatir dan gelisah jika ada sesuatu yang tertinggal atau lupa. Maka dari itu disini aku bakal kasih tips-tips mudik lebaran agar kamu bisa melakukan perjalanan pulang dengan aman dan lancar.

Berikut Tips Saat Mudik Lebaran 2023:

  1. Aman Rumah

Sebelum meninggalkan rumah alangkah baiknya kita untuk pastikan keadaaan rumah sudah aman seperti, peralatan elektronik, kompor dan air sudah mati, melapor kepada pihak Rt atau Rw perihal kepergian dan kedatangan saat mudik, dan tidak meninggalkan hewan peliharaan di dalam rumah.

  1. Aman Kesehatan

Saat melakukan perjalanan jauh, pastikan kondisi tubuh kita tetap fit dan sehat, selalu membawa obat-obatan darurat seperti P3K untuk berjaga-jaga, dan istirahat terlebih dahulu jika saat menyetir dalam keadaan lelah atau mengantuk.

  1. Aman Kelengkapan Diri

Hal-hal yang perlu di ingat juga saat bepergian adalah membawa identitas diri seperti KTP, alat komunikasi memadai seperti kuota, pulsa, dan juga charger, dan perbekalan penunjang lainnya memadai.

  1. Aman Kendaraan

Agar perjalanan mudik kita aman dan lancar sudah saatnya kita memperhatikan kondisi kendaraan kita dengan teliti seperti, pastikan kendaraan kita dalam keadaan baik dan layak di pakai, membawa surat kelengkapan SIM dan STNK, tidak melebihi juga kapasitas penumpang, memperhatikan batas kecepatan, tidak bermain handphone atau gedget saat berkendara khawatir akan terjadi peristiwa yang tidak di inginkan.

  1. Aman Jalur

Melakukan perjalanan mudik lebaran sudah pasti kondisi jalan akan ramai di padati oleh para pemudik untuk pulang ke kampung halamanya. Maka dari itu agar perjalanan mudik kita tetap aman dan lancar ikuti selalu himbauan pemerintah dan petugas di lapangan, dan patuhi juga peraturan lalulintas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan