Mau Resign? Udah Mikirin Hal-Hal Ini Belum?

  1. Apakah portofolio yang kamu punya sudah mumpuni untuk jenjang karir kedepannya?

Selama bekerja, kamu hendaknya memperbanyak kinerja bagusmu sehingga memiliki portofolio yang baik. Ketika kamu memiliki portofolio yang baik, maka pekerjaan yang kamu cari nantinya bakal lebih mudah untuk didapatkan.

Jangan sampai ketika kamu hendak resign, portofolio yang kamu miliki tidak mengalami perubahan dari awal kamu melamar pekerjaan.

BACA JUGA: Tips Melunasi Utang Dan Cicilan Yang Menumpuk

  1. Siapkah kembali beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru?

Setiap perusahaan memiliki kultur dan suasana kerja yang beragam dan kamu tidak bisa menyamakannya dengan tempat bekerja sebelumnya. Bisa saja kultur kerja di tempat baru kamu lebih kejam dari yang sebelumnya.

Jadi sebelum resign, sebaiknya kamu memikirkan beberapa hal berikut.

  • Bagaimana tuntutan kerja di tempat yang baru?
  • Bagaimana dengan rekan kerja di sana?
  • Bagaimana sifat dan karakter atasannya?
  • Dan lain-lain.
  1. Pastikan kamu telah meminta referensi pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan dari perusahan

Saat kamu mengundurkan diri dari perusahaan saat ini, jangan lupa untuk meminta surat paklaring (surat pernyataan bahwa kamu pernah bekerja di suatu perusahaan). Surat ini memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah untuk mencairkan dana JHT.

Untuk nomor referensi pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan adalah 11 digit nomor peserta yang berada di kartu BPJS Ketenagakerjaan.

  1. Minta surat rekomendasi kerja

Surat ini berbeda dengan paklaring. Orang yang berhak untuk membuat surat rekomendasi kerja ini adalah seorang pemimpin atau pejabat tertentu. Isi surat ini adalah keterangan tentang fakta-fakta yang ada (selama kamu bekerja di sana). Fakta ini biasanya diisi dengan data sesuai permintaan dari orang yang meminta surat rekomendasi tersebut.

Surat ini berfungsi untuk membantu HRD atau penerima lamaran lainnya guna mengetahui informasi lebih lanjut tentang pelamar. Perlu diingat untuk meninggalkan kesan yang baik bagi HR dan perusahaan sehingga mudah untuk mengurus surat tersebut.

Demikianlah ulasan tentang hal-hal yang perlu dispersiapkan untuk resign agar kamu tidak menyesal di kemudian hari. Masih banyak lagi yang harus dipersiapkan untuk resign yang tidak tercatat pada ulasan ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan