Kelebihan Sedekah di Bulan Ramadhan Dibanding Bulan lain

4. Sedekah akan Menolong Sesama

Keutamaan Sedekah berikutnya adalah bisa menolong sesama yang membutuhkan. Bagi yang sedang tertimpa musibah atau kemalangan, pemberian sedekah bisa jadi merupakan sarana untuk menolongnya terlepas dari masalah.

Dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang menolong orang lain dalam suatu kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengerjakannya.”

Dengan sedekah yang diberikan di bulan Ramadhan, kita dapat menolong saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan.

5. Meningkatkan Iman dan Taqwa

Sebagai salah satu amalan yang sangat dianjurkan saat bulan Ramadhan, Sedekah akan meningkatkan iman dan taqwa bagi pemberinya.

Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah itu dapat menghindarkan dari bencana dan musibah.” Dengan sedekah yang diberikan di bulan Ramadhan, kita dapat meningkatkan iman dan taqwa serta mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. seperti yang diriwayatkan oleh Bukhari dan muslim.

Karenanya, saat bulan Ramadhan ini, tidak mengherankan bila banyak lembaga amal yang berlomba-lomba mengajak umat muslim untuk melakukan sedekah.

Karena bukan hanya pemberi sedekah yang akan mendapat pahala, bahkan yang mengajak bersedekah juga akan mendapatkan pahala yang sama.

“Rasulullah adalah orang yang sangat dermawan. Dan lebih dermawan lagi ketika di bulan Ramadhan” (HR Bukhari).

Oleh karena itu, semangat bersedekah saat Ramadhan pastilah lebih besar dibanding dengan bulan lain karena banyaknya pahala yang akan diterima juga keutamaannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan