Rekomendasi Menu Sahur Sehat Praktis, Wajib Dicoba!

JABAR EKSPRES – Sahur di bulan Ramadhan merupakan hal paling vital dalam menyongsong puasa seharian nantinya. Menu sahur bakal mempengaruhi bagaimana jalan puasa seseorang nantinya, terutama yang sehat.

Dokter Zaidul Akbar merupakan sosok dokter yang terkenal dengan berbagai menu sehat yang terinspirasi dari gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW. Dalam bukunya yang berjudul “Jurus Sehat Rasulullah”, beliau mengatakan bahwa selama bulan Ramadhan, kita dituntut untuk mengonsumsi makanan yang baik dan sederhana.

Berikut ada beberapa resep kreasi menu sahur sehat yang bisa kamu jadikan sebagai referensi saat sahur dan berbuka.

Baca juga: Begini Caranya Agar Cairan Tubuhmu Tahan Saat Berpuasa!

  1. Omelet

Omelet
Omelet (Foto: Pinterest)

Omelet merupakan menu paling sederhana yang bisa kamu buat untuk sahur. Dengan kandungan vitamin A, vitamin B12, Zat Besi, dan protein, membuat telur dapat mencukupi kebutuhan nutrisi bagi tubuh.

Cara membuat menu ini sangat sederhana. Cukup sediakan satu telur dan kocok dengan sedikit garam. Selanjutnya, panaskan wajan dengan tambahan sedikit minyak zaitun agar lebih sehat. Bolak balik tiap sisinya hingga merata, lalu angkat ketika telah matang.

Kamu juga dapat mengkreasikan omelet ini sesuai keinginanmu. Mulai dari rebus, ceplok, orak arik, hingga dikukus seperti hidangan Chawan Mushi dari Jepang.

  1. Sapo Tahu

Sapo Tahu
Sapo Tahu (Foto: Pinterest)

Sapo Tahu merupakan salah satu hidangan Tionghoa yang banyak digemari masyarakat Indonesia karena penyajiannya yang mudah dan praktis.

Masakan ini tergolong menu masakan sehat karena berbahan sayur-sayuran, seperti wortel, sawi puti, jamur, jagung muda, tahu sutera atau tofu, dan bunga kol. Seiring berjalannya waktu, sapo tahu kini ada tambahan cumi, udang, daging ayam, hingga bakso ikan.

Baca juga: Efek Tidur Setelah Sahur Bagi Kesehatan, Emang Ada?

Cara membuat hidangan ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menyediakan bahan-bahan yang telah disebutkan sebelumnya.

Potong tahu sutera atau tofu, lalu goreng hingga kecoklatan. Kemudian, siapkan bawang putih yang telah dicincang halus dan tumis dengan irisan bawang Bombay. Masukan wortel, sawi putih, bunga kol, jagung muda, dan jamur kuping serta tambahkan air dan sedikit larutan maizena.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan