Selama Ramadan, Bulog Siapkan 20 Ribu Ton Beras

BANDUNG – Untuk memenuhi kebutuhan logistik warga selama bulan Ramadan, Badan Urusan Logistik Kantor Wilayah Provinsi Jawa Barat (Bulog Kanwil Jabar) menyiapkan 20 ribu ton beras.

Kepala Bulog Kanwil Jabar, Faisal menjelaskan,  20 ribu ton beras ini disiapkan agar kebutuhan masyarakat selama Ramadan bisa terpenuhi.

“Untuk itu kita cukup. Artinya, kita sekarang punya stok sekitar kurang lebih 20 ribu ton (beras),” ujarnya di Bandung, Minggu (19/3).

Fasial menuturkan, selama bulan April 2023 nanti, penyerapan beras diprediksi bakal melonjak. Sehingga, untuk ketersediaan khusus beras, akan banyak tersedia.

Menurutnya, Jabar itu kebutuhan perbulannya sekitar 42 ribu ton beras. Penyerapan beras di beberapa tempat sudah berlangsung khususnya di Bandung.

Fasial menambahkan, terkait dengan harga beras sendiri, nantinya akan mengalami penurunan harga.

“Harusnya menurun. Karena, memang beras itu akan banyak, gabah juga akan banyak. Jadi artinya, kebutuhan itu seperti di pasar akan penuh memperoleh dan gudang-gudang Bulog juga akan terisi,” ungkapnya.

Meski begitu, kata Faisal, Bulog Kanwil Jabar sudah menyatakan siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan puasa nanti termasuk komoditas lainnya.

“Karena saat puasa itu secara sikologis di masyarakat itu meningkat. Jadi Bulog dalam hal ini sudah tersedia, dan ada rencana juga dari pemerintah provinsi (Pemprov Jabar) dalam hal ini Disperidag, itu mau ada program kepokmas,” imbuhnya

“Jadi karena kebutuhan seperti beras, terigu, minyak, gula, dan itu untuk 130 ribu warga. Itu akan disalurkan menjelang menjelang lebaran nanti,” tandasnya. (san)

 

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan