Kagumi Bisnis Pertanian di PP Al Ittifaq, Jokowi Minta Dijadikan Role Model

Jabareskpres.com – Dalam rangka Penerapan Skema Pembiayaan Rantai Pasok Pangan Berbasis Koperasi, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Koperasi Pondok Pesantren Al Ittifaq di Jalan Ciburial, Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Jokowi di dampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Pada kesempatan itu presiden berdialog dengan para petani dan masyarakat sekitar.

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan jika dirinya kaget sekaligus kagum melihat manajemen yang baik dalam bisnis pertanian di Pondok Pesantren Al Ittifaq.

”Perencanaan yang dilakukan di ponpes Al Ittifaq betul-betul sangat baik dan bisa dijadikan rol model. Bisa jadi model bisnis tinggal di fotokopi saja,” ujarnya dalam sambutannya, Senin (6/3).

Jokowi mengatakan jika dirinya sangat kagum dengan cara ponpes Al Ittifaq menjalankan bisnis pertanian ini. Meskipun pada awal pembangunan bisnis ini tidak ada produksi.

Namun seiring berjalan banyak permintaan sehingga semuanya bisa diproduksi disini.

”Yang berangkatnya tidak dari produksi, tapi permintaan pasar, permintaan market kemudian diproduksi di sekitar ponpes. Dan manajemen, cara mengatur sangat terencana,” tambahnya

Jokowi menambahkan jika bisnis pertanian yang dilakukan di ponpes Al Ittifaq ini bisa dijadikan role model. Terlebih menurutnya bisnis seperti ini harus dipertahankan agar semua terencana dengan baik.

”Kita setelah sekian puluh tahun kehilangan sebuah model. Yang betul seperti apa mengelola sebuah bisnis, yang sekarang ada contohnya. Di fotokopi aja 100%, dari Riau fotokopi, dari Jawa Timur fotokopi, dari Lampung fotokopi, induknya holdingnya sementara Al Ittifaq,” ungkapnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan