Untuk Calon Investor Pemula, Kenali Jenis-Jenis Saham dan Contohnya

  1. Saham preferen (Preferred Stocks)

Jenis saham preferen merupakan kombinasi antara saham biasa dan obligasi. Meskipun secara keseluruhan mirip dengan saham biasa, namun perbedaannya terletak pada tingkat suku bunga keuntungan yang diterima.

Suku bunga dari saham preferen bersifat tetap karena terdiri dari campuran obligasi. Selain itu, pemilik saham preferen juga memiliki hak tebus yang dapat ditukarkan dengan saham biasa. Saham preferen pada bursa efek Indonesia selalu memiliki kode 4 huruf dan kadang-kadang ditambahkan dengan huruf “P”. Contohnya antara lain WSBP, MYOR-P, dan ASII.

Jenis saham berdasarkan cara pengalihannya

Jenis saham berdasarkan cara pengalihannya terbagi menjadi dua, antara lain:

  1. Saham atas unjuk (Bearer Stocks)

Saham atas tunjuk adalah jenis saham yang tidak memiliki nama kepemilikannya tertulis pada lembar kertas. Hal ini memudahkan jenis saham ini untuk dipindahtangankan. Saham ini dirancang untuk tujuan jual-beli dan mudah dipindahtangankan tanpa melalui proses hukum. Bukti kepemilikan saham ini didasarkan pada siapa yang memegang saham tersebut.

  1. Saham Atas Nama (Registered Stocks)

Saham atas nama adalah jenis kepemilikan saham di mana nama pemilik saham tertulis pada surat saham yang diterbitkan oleh perusahaan. Untuk memindahkan kepemilikan saham, pemiliknya harus mengikuti prosedur hukum yang ditetapkan dan melakukan balik nama saham. Ini berbeda dengan saham atas tunjuk yang dapat dipindahtangankan tanpa harus mengurus prosedur hukum melalui badan hukum.

Jenis saham berdasarkan kinerja perdagangan

Berdasarkan kinerja perdagangan, saham terbagi menjadi 4 jenis, diantaranya:

  1. Blue Chip Stocks

Blue Chip Stocks merujuk pada saham yang diterbitkan oleh perusahaan terkemuka. Biasanya, perusahaan yang mengeluarkan saham blue chip merupakan pemimpin di industri mereka dan memiliki pendapatan yang stabil serta membayar dividen secara konsisten. Karena itu, saham jenis ini sangat diminati oleh para investor.

  1. Income Stocks

Income Stocks merupakan jenis saham terkemuka yang selalu memberikan pembayaran dividen atau keuntungan lebih besar dibandingkan dengan rata-rata pembayaran dividen pada periode sebelumnya. Oleh karena itu, saham ini sering kali menghasilkan pendapatan yang terus meningkat setiap periode.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan