13 Ciri-ciri Cowok yang Tidak Layak Dinikahi

“Tidak akan beruntung suatu kaum yang menyerahkan urusan mereka kepada seorang wanita.” (HR Ahmad 19612)

10. Pelit

Suami yang pelit dalam memberikan nafkah, akan membuat kebutuhan keluarganya tidak terpenuhi. padahal sedekah terbaik seorang suami adalah untuk istri dan keluarganya.

Dalam HR Bukhari 4945 menyebutkan :

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna Telah menceritakan kepada kami Yahya dari Hisyam ia berkata; Telah mengabarkan kepadaku bapakku dari Aisyah bahwa Hindu binti Utbah berkata, “Wahai Abu Sufyan adalah seorang laki-laki yang pelit. Ia tidak memberikan kecukupan nafkah padaku dan anakku, kecuali jika aku mengambil dari hartanya dengan tanpa sepengetahuannya.” Maka beliau bersabda: “Ambillah dari hartanya sekadar untuk memenuhi kebutuhanmu dan juga anakmu.”

11. Musyrik

Musryik adalah perbuatan menyekutukan Allah. Jangan pernah sekalipun memilih lelaki Musyrik, karena Allah saja bisa dia abaikan apalagi hanya seorang istri.

Dosa musyrik ini luar biasa besar dan sangat sulit diampuni, jadi lebih baik menghindar dan menjauhi lelaki dengan ciri seperti ini.

Peringatan ini sangat jelas ada dalam QS Al BAqoroh 211
Dan janganlah kamu nikahi perempuan musyrik, sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya perempuan yang beriman lebih baik daripada perempuan musyrik meskipun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu nikahkan orang (laki-laki) musyrik (dengan perempuan yang beriman) sebelum mereka beriman.

12. Suka Berdusta atau berbohong

Lelaki yang suka berbohong tidak bisa dipercaya, bagaimana menjalin sebuah hubungan bila tidak ada saling percaya.

Pembohong ini seperti candu, jika sekali dia berbohong maka akan mengundang kebohongan lain yang akan terus terjadi seperti rantai yang tak berujung, kecuali dia bertobat.

Dari Abu Wail dari Abdullah ia berkata, “Rasulullah Saw bersabda: “Jauhilah kebohongan, sebab kebohongan menggiring kepada keburukan, dan keburukan akan menggiring kepada neraka. Dan sungguh, jika seseorang berbohong dan terbiasa dalam kebohongan hingga di sisi Allah ia akan ditulis sebagai seorang pembohong.

13. Tidak bisa menjaga pergaulan

Seorang lelaki yang terlalu bebas bergaul dan tidak membatasi pergaulannya, maka sangat mudah terbawa arus dan terpengaruh pada lingkungan pergaulannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan