Ketahui Lebih Awal! Sinyal Obesitas Sejak Dini Pada Bayi dan Balita Berpotensi Jadi ‘Baby Sumo’

Saat bayi atau balita memiliki berat badan yang berlebih, itu bisa menjadi obesitas.  Namun, tidak selalu mudah untuk mendeteksi obesitas pada bayi dan balita, terutama karena mereka masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan.

Baca juga : All New Honda BeAT 150cc 2023 Motor Matic Lincah dengan Varian Warna Baru yang Exotic

Berikut adalah beberapa gejala dan ciri obesitas pada bayi dan balita:

  • Lingkar kepala yang lebih besar dari normal: Lingkar kepala yang lebih besar dari rata-rata usia anak Bunda bisa menjadi indikator obesitas pada bayi atau balita.
  • Terlihat lebih berisi dan gemuk: Bayi dan balita yang obesitas biasanya terlihat lebih berisi dan gemuk di bandingkan dengan anak-anak sebaya mereka yang sehat.
  • Sulit menggerakkan diri: Bayi atau balita yang mungkin terlihat lebih malas dan sulit untuk melakukan aktivitas fisik. Mereka mungkin lebih suka duduk atau berbaring daripada bergerak atau bermain.
  • Kehilangan napas saat makan: Bayi atau balita yang mungkin mengalami kesulitan bernapas saat makan atau minum, terutama saat mereka terlentang.
  • Perut yang membesar: Bayi atau balita yang mungkin memiliki perut yang membesar dan menonjol.
  • Terlalu sering merengek atau rewel: Bayi atau balita yang obesitas mungkin lebih sering rewel atau merengek karena mereka mungkin merasa tidak nyaman dengan tubuh mereka yang berat.
  • Makanan yang di sukai lebih banyak lemak dan gula: Bayi atau balita yang obesitas mungkin cenderung menyukai makanan yang lebih tinggi lemak dan gula, seperti makanan cepat saji dan cokelat.

Namun, perlu di ingat bahwa gejala dan ciri obesitas pada bayi dan balita dapat bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan faktor lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memantau pertumbuhan dan kesehatan bayi atau balita Bunda secara teratur dengan bantuan dokter anak atau ahli gizi yang berpengalaman.

Baca juga : Cara Mengajukan Pinjaman Di Dana Tanpa Pinjol, No Ribet! Langsung Cair

Jadi, bunda, sekarang kita sudah mengetahui bahaya obesitas pada bayi dan balita, serta cara mencegahnya. Jangan lupa untuk selalu memantau kesehatan bayi dan balita Bunda, ya!

Tinggalkan Balasan