Peringati Bulan K3, Ini Rangkaian Kegiatan PLN UPT Bandung

BANDUNG – Momentum peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2023, PLN Unit Pelaksana Transmisi Bandung mengadakan beberapa rangkaian kegiatan.

Rangkaian kegiatan tersebut, di antaranya Apel Bendera Bulan K3 Nasional tahun 2023 dengan PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (UITJBT) dan PLN Unit Pelaksana Pengatur Beban Jawa Barat (UP2B Jabar), senam pekerja sehat hingga  serta berbagai kegiatan lomba K3.

Dengan mengangkat “Terwujudnya Budaya K3 Guna Mendukung Keberlanjutan Proses Bisnis Ketenagalistrikan”, apel bendera dilaksanakan di lapangan Kantor Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah dan diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan kantor PLN UITJBT, PLN UP2B Jabar dan PLN UPT Bandung, (31/1).

Bulan K3 Nasional berlangsung dari tanggal 12 Januari hingga 12 Februari setiap tahunnya. Pada sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah, yang dibacakan oleh Tejo Wihardiono General Manager PLN UITJBT selaku Pembina Apel, Bulan K3 Nasional Tahun 2023 diharapkan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan untuk mengedepankan keselamatan kerja dalam setiap proses ketenagakerjaan.

Kebijakan penerapan K3 di tempat kerja telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Lalu, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3), serta peraturan pelaksanaannya.

Pada kesempatan yang sama, Manager PLN UPT Bandung, I Made Sugata Merta juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pegawai  atas pencapaian Zero Accident pada satu tahun terakhir.

“Terima kasih atas pencapaian Zero Accident yang kita peroleh. Semoga ke depannya kita dapat terus mempertahankan hal tersebut dengan selalu memperhatikan aspek K3 dalam bekerja,” ujar Sugata.

Memperingati acara Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2023, PLN UPT Bandung juga melaksanakan Simulasi Tanggap Darurat yang dilaksanakan di GISTET Saguling, ULTG Bandung Barat, PLN UPT Bandung, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyiapkan personil untuk selalu siap dalam mengamankan objek vital nasional (OBVITNAS) yang berada di lingkungan UPT Bandung dari ancaman BOM, huru-hara dan kebakaran. (a1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan