Marak Aksi Kriminalitas, Polda Jabar Instruksikan Seluruh Jajaran Polres Tingkatkan Patroli

BANDUNG – Baru-baru ini aksi kriminalitas atau kejahatan jalanan marak terjadi disebagian wilayah Jawa Barat (Jabar). Sehingga dengan hal itu, telah membuat resah bagi semua kalangan masyarakat.

Agar aksi kriminalitas tersebut dapat segera dinimalisir, Kepolisian Daerah (Polda) Jabar mengaku bahwa pihaknya kini telah menginstruksikan seluruh jajaran Polres untuk melakukan peningkatan kegiatan patroli khususnya di malam hari.

Bahkan Polda juga telah mempersilahkan, jika anggota dari Brimob dilibatkan dalam melakukan Patroli.

“Jadi di semua daerah (Jabar) semua kapolres-kapolresnya bisa menggunakan pasukan Brimob dalam malakukan patroli untuk melaksanakan antisipasi kejadian kejadian curas dan yang lain lain (aksi kejahatan),” ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, Sabtu 28 Januari 2023.

Ibrahim menambahkan, aksi kriminalitas seperti begal, geng motor, hingga penganiayaan telah menjadi atensi Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana.

Sehingga dengan hal itu, peningkatan patroli sangat dibutuhkan khusunya dimalam hari sebagai upaya melakukan antisipasi dari aksi kriminalitas.

“Terkait begal, curas (pencurian dengan kekerasaan), perkelahian antar geng motor, itu Bapak Kapolda (Irjen Pol Santana) telah mengatensi situasi tersebut dan menginstruksikan semua jajarannya untuk meningkatkan giat patroli dan giat preventifnya termasuk juga pola-pola giat preventif atau represifnya nanti ditingkatkan kembali,” ucapnya

Selain itu, dalam melakukan patroli nantinya Ibrahim mengaku pihaknya tidak akan segan melakukan tindakan tegas dan terukur kepada para pelaku kejahatan. Namun didamping itu, ia mengatakan bahwa pihaknya akan mengedepankan langkah-langkah humanis.

“Insyaallah pola ini akan tetap intens dilakukan semoga masyarakat bisa merasa terlindungi dengan upaya yang kita lakukan ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, agar bisa memberikan rasa aman dan nyaman dari aksi kriminalitas khususnya di malam hari, Polrestabes Bandung telah melakukan kegiatan patroli skala besar.

“Patroli skala besar di wilayah hukum Polrestabes Bandung itu dimulai dari pukul 21.00 – 03.00 WIB, melibatkan satuan Samapta Polrestabes Bandung kemudian Satreskrim, Intel gabungan penggunaan kendaraan, dan Patroli di seluruh wilayah hukum Polrestabes Bandung,” ucap Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Aswin Sipayung, Sabtu 28 Januari 2023. (san)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan