Pemprov Jabar Akan Bangun Pusat Kebudayaan, Begini Konsepnya

BOGORKabupaten Bogor akan segera memiliki pusat kebudayaan yang direncanakan akan di bangun oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Hal ini dikatakan oleh Pelaksana Seksi Cagar Budaya pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, Meliya, dirinya mengatakan, nantinya pusat kebudayaan itu akan dibangun memiliki konsep seperti  Taman Budaya Bandung.

“Konsepnya tidak jauh seperti taman budaya yang ada di Bandung, disana kan disentralkan untuk kegiatan kesenian, “kata Meliya kepada media, Kamis (19/1).

Pembangunan itu hanya tinggal menunggu pemilihan tempat yang strategis saja, Pemkab Bogor sendiri memiliki aset untuk di bangunnya pusat kebudayaan di Kecamatan Cigombong, namun lokasi tersebut dinilai kurang strategis.

“Kalo disana (Kecamatan Cigombong) kurang strategis, yang strategis di Cibinong, Kan deket kalau disini, kita juga untuk misalnya ada tamu kan gampang disini, Pengennya sih deket Pakansari, kalau ada pentas, dan latihan jadi mudah aksesnya,”tambahnya

Lebih lanjut sambung Meliya, nantinya, di pusat kebudayaan yang akan dibangun itu akan diisi  dengan miniatur-miniatur potensi dan cagar budaya di setiap kecamatan Se-Kabupaten Bogor.

“Disini kan banyak yah cagar budaya dan tradisi budaya di kecamatan, misalnya cimande ada disini, nanti ada miniatur silat, kemudian disini juga ada angklung gubrag, jadi Jadi nggak perlu ke Cigudeg untuk tau itu,”lanjutnya.

Selain itu juga, nantinya akan dibuatkan museum yang diisi peninggalan-peninggalan yang ada di Kabupaten Bogor dan konsep pusat kebudayaan itu juga akan dibuat untuk event-event kesenian dan kebudayaan.

“Nanti akan disimpan di museum tersebut, sekarang kan masih di Pasir Angin, Cibungbulang,”pungkasnya. (sfr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan