DLH Jawa Barat Sebut, Akses Jalan Menuju TPAS Sarimukti Amblas, Pengangkutan Mengalami Kendala

JabarekspresDinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat (Jabar) beberkan kendala pengangkut sampah dari wilayah Bandung Raya.

Kepala DLH Jabar Prima Mayaningtyas mengakui, pengangkutan sampah di wilayah Bandung Raya ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Sarimukti sempat mengalami keterlambatan.

Hal ini diakibatkan kondisi akases jalan menuju TPAS Sarimukti yang sudah rusak parah dan beberapa bagian ada yang amblas.

Kerusakan jalan disebabkan curah hujan yang cukup tinggi di wilayah itu. Sehingga, merusak badan jalan. Terlebih truk dengan muatan sampah memiliki bonot yang sangat berat.

‘’Akses jalan masuk harus diperbaiki begitu juga tempat unloading penurunan sampah yang harus dilakukan pembenahan,’’ ujar Kepala DLH Jawa Barat Prima ketika dikonfirmasi Minggu, (15/1).

Tempat penurunan sampah ini, kata Prima perlu dilakukan penataan. Sebab, jika turun hujan jalan jadi penuh dengan lumpur. Ditambah sampah berserakan.

Kondisi ini mengakibatkan akselerasi truk pengangkut sampah jadi terganggu dan mengalami keterbatasan karena kondisi jalan buruk mengakibatkan truk pengangkut sampah mengalami kesulitan.

Untuk membenahi hal itu, Prima mengaku, sudah mengusulkan perbaikan akses jaan menuju TPAS Sarimukti ke dinas terkait agar segera diperbaiki.

Selain itu, kendala lainnya adalah sudah overloadnya TPAS Sarimukti untuk dilakukan pembuangan sampah. Sehingga dibutuhkan perluasan lahan agar seluruh sampah bisa tertampung.

Untuk melakukan ini, DLH sudah mengajukan untuk alokasi anggaran agar perluasan lahan untuk TPAS Sarimukti bisa segera terwujud.

“Sekarang kita lagi mengurus bagaimana perluasan ini bisa kita gunakan tahun ini. Jadi nanti akan kita mintakan kembali anggarannya,’’ujar Prima.

Sebelumnya, pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti yang terletak di wilayah Cipatat Kabupaten Bandung Barat (KBB) harus terpaksa di hentikan sementara.

Diketahui, pemberhentian sementara tersebut dikarenakan adanya kendala akses jalan menuju TPA Sarimukti mengalami amblas.

Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan segera menyelesaikan permasalah tersebut.

“Ini (kendala pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti). kan pernah kejadian sebelumnya dan selalu ada solusinya,” ucap Ridwan Kamil santai. (san/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan