5 Tanda Kematangan Emosi Seorang Perempuan

JABAR EKSPRES- Kedewasaan secara fisik bisa mudaj dilihat. Namun, kematangan emosional hanya bisa di nilai dari sikap dan perilaku dalam menjalani kehidupan sehari-hari

American Psychological Association mendefinisikan kematangan emosi merupakan kemampuan mengontrol dan mengekspresikan emosi dengan tepat. Sedangkan ketidakdewasaan emosi adalah kecenderungan untuk mengekspresikan emosi tanpa menahan diri atau tidak proporsional dengan situasi.

Berikut ini merupakan 5 tanda kematangan emosi bagi seorang perempuan :

01. Mampu Menahan Diri 

Menahan diri dari mengkritik orang lain. Menghargai pilihan hidup seseorang dan apa yang membuat mereka bahagia ketika mereka tidak merugikan orang lain. Senang mempermalukan orang lain adalah tanda ketidakmatangan emosi.

02 Realistis

Melepaskan standar atau harapan yang tidak realistis yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri disebabkan tekanan media sosial. Mampu mengingatkan diri bahwa konten media sosial tidak merepresentasikan kehidupan nyata dan unfollowing konten yang dapat memberi tekanan.

Kematangan dari emosi juga diartikan sebagai kemampuan seseorang yang mempunyai kapasitas untuk menunda rasa kepuasan dan mempunyai kemampuan untuk menahan rasa frustasi yang dia rasakan dengan cara merencanakan hal secara jangka panjang dan dapat menahan atau merevisi ekspektasinya menurut situasi yang telah terjadi.

03 Pribadi Berkualitas

Berhenti meremehkan diri sendiri, mulai fokus meningkatkan nilai diri, mengembangkan potensi, memiliki kesadaran bahwa kualitas atau pencapaian diri Anda yang akan membuat orang lain merasa nyaman berinteraksi dengan Anda.

04 Bertindak Hebat

Mengambil tindakan atau mengerjakan apa yang bisa diperbaiki dan menerima apa yang tidak bisa. Dalam filosofi teras, ada prinsip yang disebut dikotomi kendali, segala hal dalam hidup dibagi menjadi dua: hal yang ada di dalam kendali kita, dan hal yang di luar kendali kita.

05 Nobody’s Perfect

Mampu melepaskan pemikiran bahwa apa pun atau siapa pun harus sempurna dalam hidup. Tidak ada manusia yang sempurna, tetapi selama memiliki sikap mau belajar dan bertumbuh menjadi lebih baik, kehidupan Individu akan lebih baik dari orang pada umumnya.

Itulah lima ciri dari kematangan emosi yang ada pada seorang wanita. Baca Artikel menarik lainnya disini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan