Pengaruh Kendaraan Listrik Bagi Perekonomian Indonesia

Selain berbagai kelebihan, ada juga berbagai kelemahan antara lain:

  1. Jarak dan waktu isi ulang

kapasitas daya baterai dan waktu pengisian menjadi kelemahan. Baterai yang digunakan sebagai penggerak mesin memang masih punya keterbatasan dalam menempuh jarak tertentu. Untuk setiap 120 kilometernya, kendaraan ini perlu melakukan pengisian listrik selama 6 jam penuh.

  1. Kecepatan terbatas

Kendaraan ini juga masih memiliki kelemahan dalam kecepatan. Selain itu, kendaraan ini tidak bisa asal dalam pembongkaran karena bisa menyebabkan korsleting dan kebakaran.

  1. Harga yang mahal

untuk saat ini masih cukup sulit untuk mendapatkan kendaraan tenaga listrik meski banyak yang menjadi peminatnya. krena produksi yang masih belum dilakukan secara masal, tentu harganya masih tergolong mahal jika dibandingkan dengan kendaraan konvensional bertenaga bahan bakar minyak.

  1. Pembuatannya masih menggunakan bahan bakar fosil

Meski kendaraan konvensional nantinya akan digantikan dengan kendaraan listrik, namun upaya tersebut kurang berdampak baik pada lingkungan selama mobil listrik masih menggunakan listrik yang dihasilkan dari bahan bakar fosil karena sama kotornya dengan bahan bakar minyak. Dampak besar ini bias berkurang jika listrik seluruhnya dihasilkan dari sumber energi terbarukan, bukan bahan bakar fosil.

Sekian informasi mengenai pengaruh kendaraan bertenaga listrik bagi Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan