Spotify atau Joox? Mana yang Lebih Hemat Kuota?

JABAR EKSPRES — Saat ini banyak sekali generasi millennial dan generasi Z yang memilih mendengarkan musik melalui aplikasi streaming daripada metode tradisional seperti penggunaan CD atau kaset. Mudahnya akses ke platform aplikasi-aplikasi streaming semakin menggeser penggunaan CD, kaset, dan lain-lain. Beberapa platform streaming musik itu di antaranya ialah Spotify, Amazon Music, Pandora, Soundcloud, JOOX, Resso, Musixmatch, dan Deezer. Di artikel ini, kamu akan menemukan perbandingan Joox dan Spotify.

Dulu, banyak orang mendengarkan lagu dengan cara mengunduhnya dari internet agar lagu-lagu tersebut bisa mereka putar secara offline.

Namun, cara tersebut kurang efektif karena akan memakan banyak ruang penyimpanan di handphone.

Semenjak banyak aplikasi streaming yang aksesnya mudah, banyak orang yang berpindah ke cara ini. Selain tidak menghabiskan kapasitas memori di handphone, kamu juga tidak usah mengkhawatirkan legalitas musik yang kamu dengarkan.

Di Indonesia sendiri, ada dua platform musik yang penggunanya paling banyak, yaitu Joox dan Spotify.

Joox merupakan aplikasi keluaran Tencent yang rilis pada bulan Januari 2015. Tak hanya bisa mengaksesnya lewat handphone, kamu juga bisa mengaksesnya lewat PC atau laptop. Tidak hanya berfungsi sebagai pemutar musik online, Joox juga bisa kamu gunakan untuk memutar radio.

Sementara Spotify, rilis pada 7 Oktober 2008. Kehadirannya yang sudah cukup lama membuat Spotify menjadi aplikasi penyedia musik online yang banyak peminatnya.

Saat ini, aplikasi JOOX Music di PlayStore sudah meraih 100 juta lebih download, sedangkan Spotify sudah mencapai angka 1 milyar kali download.

Perbandingan Joox dengan Spotify

  1. Joox dan Spotify sama-sama memiliki layanan premium dan layanan gratis. Layanan gratis tersebut tentunya bersamaan dengan jeda iklan yang muncul tiap beberapa menit tertentu.
  1. Di Joox dan Spotify, kamu bisa membuat playlist sendiri sesuai dengan lagu-lagu pilihan kesukaanmu.
  2. Baik Joox maupun Spotify, keduanya bisa kamu akses di computer ataupun handphone.
  3. Joox dan Spotify memiliki fitur lirik lagu dan timer sehingga kamu bisa mengatur kapan mau menghentikan playlist atau lagu yang kamu putar.

Perbedaan Joox dan Spotify

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan