Banjir Lumpur Tutup Jalan Utama di Kertasari Kabupaten Bandung

Jabarekspres – Jalan penghubung dua kampung di wilayah Desa Cibereum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung tak bisa dilintasi pada Kamis, 8 Desember 2022 karena tertutup oleh banjir lumpur.

Ruas jalan yang menghubungkan Kampung Dangdang sampai Kampung Neglasari itu, tidak bisa dilewati akibat tertimbun lumpur.

Kapolsek Kertasari Iptu Ahmad Nurdin membenarkan, akses jalan yang tertutup lumpur itu, sementara waktu tidak bisa dilintasi karena hujan lebat.

“Hujan deras dari jam 13.00 sampai 14.30 WIB, akibatnya lumpur dari kebun yang ada di sekitaran Jalan Raya Cibeureum terhalang lumpur,” kata Ahmad melalui seluler.

Dijelaskannya, lumpur yang menghalangi ruas jalan hingga sulit dilintasi warga itu, sekiranya menutup akses sepanjang 500 meter.

“Akibat hujan di Kecamatan Kertasari cukup deras dan waktunya lama juga, jadi lumpur kebawa ke jalan,” jelas Ahmad.

Dia menerangkan, karena ruas jalan tertutup  banjir lumpur yang turun dari kebun, sehingga arus lalu lintas di Jalan Raya Pacet-Kertasari terhenti untuk sementara waktu.

“Enggak bisa dilalui, tapi kami Polsek Kertasari langsung melaksanakan pengamanan di lokasi kejadian,” terang Ahmad.

Selain pengamanan lokasi, rekayasa arus lalu lintas melalui jalan alternatif dilakukan, yakni ke Jalan Kampung Cihalimun, Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Jajaran Polsek Kertasari dibantu warga setempat berupaya membersihkan lumpur yang menutupi ruas jalan.

“Dibantu oleh alat berat berupa 1 unit Beko lumpur, untuk evakuasi membersihkan jalan,” ujar Ahmad.

Harapannya, melalui upaya pembersihan lumpur tersebut, bisa mengaktifkan kembali jalan utama dari Kampung Dandang sampai Kampung Neglasari.

“Semoga bisa secepatnya dilalui kembali dan dengan adanya kejadian tersebut  tidak ada korban serta tidak ada korban materi,” pungkas Ahmad. (bas/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan