Google Doodle Hari Ini Rayakan Pelopor Video Game, Bisa Kamu Mainkan!

Jabarekspres.comGoogle Doodle pada hari ini, Kamis 1 Desember 2022 menampilkan animasi seorang pelopor video game bernama Jerry Lawson.

Seseorang yang dijululi Bapak Video Game ini muncul dalam animasi Google Doodle hari ini dengan animasi pixel art yang digambarkan sedang bermain video game sembari memegang joystick.

Warganet ternyata juga bisa lho untuk membuat animasi dari Google Doodle hari ini bergerak! Kamu bisa klik di bagian tengah tulisan Google.

Lalu, Google akan memperkenalkan profil singkat Jerry Lawson lewat cara bermain game interaktif. Setelah itu, kamu juga bisa memilih ingin bermain game apa selanjutnya.

Game ini akan mengingatkan semua orang pada game video awal tahun 1970-an yang bisa membawa kamu juga dalam perjalanan poin-poin penting karir Lawson.

Serta menawarkan sekilas grafis dan tujuan game di awal. Kamu pun bisa membuat dan mengedit video game sendiri atau video yang sudah ada dalam Doodle tersebut lho.

Jerry Lawson merupakan pelopor game modern yang mengembangkan video game rumahan pertama dengan cartridge.

Ialah yang membuka jalan peluang para developer ternama seperti Nintendo, Xbox dan PlayStation.

Lahir di Brooklyn, New York, pada 1 Desember 1940, ketertarikan Jerry Lawson terhadap dunia elektronik sudah muncul sejak dirinya masih belia.

Saat berada di Fairchild, Lawson membuat Demolition Derby, sebuah game arkade yang dioperasikan dengan koin yang merupakan salah satu game pertama yang ditenagai oleh mikroprosesor.

Lawson meninggalkan Fairchild pada tahun 1980 untuk membentuk Videosoft, pengembang video game yang membuat perangkat lunak untuk Atari 2600, salah satu konsol game populer yang memanfaatkan sistem cartridge yang dibuat oleh Lawson.

Pada tahun 2011, Asosiasi Pengembang Game Internasional mengakui Lawson sebagai perintis industri atas karyanya dalam konsep cartridge game.

Dan Jerry Lawson meninggal dunia pada 9 April 2011 karena komplikasi diabetes.

Sebagai penghormatan, kontribusinya terhadap industri game dipamerkan permanen di The World Video Game Hall of Fame di The Strong National Museum of Play, Rochester, New York.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan