PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER

Pembelajaran berdiferensiasi sesungguhnya merupakan serangkaian keputusan masuk akal yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Dalam implementasinya dapat diintegrasikan dengan pendidikan karakter karena memiliki beberapa kesamaan cara dan tujuan.

Semuanya terkait dengan bagaimana seorang guru menciptakan lingkungan belajar yang menarik minat murid untuk belajar dan bekerja keras dan mengetahui, memahami serta melaksanakan tiga  komponen karakter yang baik tersebut.  Disamping untuk mencapai tujuan belajar yang tinggi dan   juga memastikan setiap murid di kelasnya tahu bahwa akan selalu ada dukungan untuk mereka di sepanjang prosesnya.

Akhirnya,  pembelajaran berdiferensiasi menambah khasanah pendekatan pendidikan yang dapat diintegrasikan diantaranya dengan pendidikan karakter yang memberikan keleluasaan pada murid untuk meningkatkan potensi dan karakter  dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa, mengingat pembelajaran ini tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran, tapi juga fokus pada proses dan konten/materi. Disanalah area guru untuk berimajinasi, berinovasi dan kreatif mengembangkan pendidikan karakter di suasana merdeka belajar. Selamat Hari Guru! (*)

Tinggalkan Balasan