Bandara Kertajati Mulai Terbangkan Jamaah Umrah di 20 November 2022

Jabarekspres.com – Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyebut mulai 20 November 2022 nanti, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati mulai melakukan penerbangan.

Rencananya ada sekitar 400 jamaah umrah asal Jabar yang bakal diberangkatkan melalui Bandara Kertajati.

Insyaallah umrah akan dimulai (Penerbangan). Kalau berdasarkan kesiapan (BIJB) Kertajati itu di bulan sekarang (November), perkiraan di tanggal 20, ada satu kloter,” ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jabar Ajam Mustajam di Ciumbuleuit, Kota Bandung, 14 November 2022.

Dia mengaku, saat ini pihaknya mempunyai beban moral ikut memajukan BIJB Kertajati melalui penyelenggarakan keberangkatan haji dan umrah.

”Maka dari situ kita berkepentingan untuk pemberangkatkan haji dan umrah itu melalui Bandara Kertajati,” bebernya.

Sementara, saat disinggung terkait batalnya keberangkatan jamaah umrah melalui BIJB Kertajati pada tanggal 7 November kemarin, Ajam menyebut hal itu disebabkan akibat adanya kendala teknis.

Namun soal avtur atau bahan bakar pesawat sendiri, ia mengatakan bahwa selaku kepanjangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), pihaknya akan terus memastikan kepada para pengusaha.

”Yang jelas, kami selaku pemerintah melalui Kemenag dan Pemprov Jabar tidak akan merugikan pengusaha dan tidak akan menyusahkan jemaah umrah dengan penerbangan melalui Bandara Kertajati (BIJB),” tuturnya.

Berharap Berjalan Lancar

Dia pun berharap, keberangkatan jamaah khusunya umrah asal Jawa Barat melai Bandara Kertajati nantinya dapat berjalan secara normal.

Dia pun mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Bandara Soekarno Hatta, BIJB Kertajati, dan para penyelenggara umrah.

”Jadi Kami berkomitmen bahwa (BIJB) Kertajati harus dipakai untuk kepentingan masyarakat Jabar,” tandasnya.

Sebelumnya rencana penerbangan jamaah umrah asal Jawa barat (Jabar) melalui Kertajati akan dilakukan pada awal November 2022.

”Tapi karena belum ada kepastian jadwal maka kita undur,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Jabar, Boy Harinovian, Jumat 21 Oktober 2022 lalu.

Insyaallah pertengahan sekitar tanggal 11 sampai 15 November (2022) itu jadwal awal. Kita juga kemarin sudah bertemu dengan pihak Kertajati dan travel dan pihak Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH),” bebernya. (san)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan