ICAS-FEST 2022, Menghadirkan Juga Lewat Seni yang Menggerakkan

BANDUNG — Pascasarjana Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung kembali menghadirkan International Cultural Art Space Festival (ICAS-FEST) di tahun 2022. Rangkaian kegiatan seperti pameran, pertunjukan karya kreatif inovatif, pameran, hingga seminar internasional digelar selama 8—12 Nobember 2022 di Kampus IBSI Bandung.

Membawa narasi identitas dan budaya sebagai penunjang kreativitas dalam berkarya, ICAS-FEST 2022 hadir dengan tema “Navigating Identity and Creativity on Artworks”.

Kebudayaan sebagai identitas dalam pengembangan kreatifitas dan inovasi kekaryaan merupakan isu yang disoroti ICAS-FEST, terutama dalam upaya perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatannya yang kontekstual.

Ketua ICAS-FEST 2022, Zanuar Eko (Mahasiswa Pascasarjana Kajian Seni Pertunjukan) menerangkan tujuan diselenggarakannya ICAS-FEST 2022 untuk mendukung proses kreatif seniman dalam menghasilkan karya yang memiliki daya saing global.

“Identitas budaya dapat direspons oleh pengkarya atau seniman dalam melakukan rekacipta dan inovasi saat berkarya. Seluruh rangkaian kegiatan saling berkesinambungan dalam mendukung hal itu, mulai dari seminar terkait proses riset, workshop, coaching clinic, pameran, hingga penyajian karya,
dan diskusi,” ungkap Zanuar Eko.

Salah satu kegiatan yang akan memeriahkan ICAS-FEST 2022 adalah Pertunjukan Karya Kreatif Inovatif dengan tema Identitas Tradisi dalam Rekayasa Budaya. Seniman dengan berbagai disiplin seni yang berasal dari Aceh, Padang Panjang, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, Papua, Jawa Barat, dan Banten akan menyajikan karyanya pada hari Kamis, 10 November mulai pukul 16.00 dan 19.00 di Gedung Sunan Ambu, ISBI Bandung.

Lewat “Seni yang Menggerakkan”, sebuah pameran seni rupa yang akan berlangsung selama acara ICAS-FEST 2022, acara ini bermaksud untuk mengajak para apresiator memahami gerakan-gerakan dari perspektif seni rupa.

Tak hanya menjadi ruang pertunjukan dan pameran karya, ICAS-FEST juga menjadi ruang dialog untuk membahas isu-isu kebudayaan terkini lewat Seminar Internasional “Creative Practice into Research”. Dalam seminar yang akan diadakan pada Kamis, 11 November dengan menghadirkan empat panelis.

Selama kegiatan berlangsung, ICAS-FEST 2022 juga menghadirkan workshop musik “Jazz Progresif” dan coaching clinic “Menuliskan Festival” yang mendatangkan para pakar di bidangnya.

Seluruh kegiatan ICAS-FEST2022 diselenggarakan di kampus ISBI Bandung yang berlokasi di Jalan Buah Batu Nomor 212, Bandung. Informasi mengenai seluruh rangkaian kegiatan dapat diakses di laman resmi ISBI Bandung https://www.isbi.ac.id/index.php/info-pascasarjana/2415-ps-07112022 dan melalui akun Instagram ISBI Bandung di @isbibandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan