Industri Pengolahan Perikanan Siap Mengembangkan Pasar Ekspor & Pasar Dalam Negeri

Pameran “Seafood Show Asia 2022” yang diselenggarakan bersamaan dengan “Sial Interfood” diikuti oleh lebih dari 100 perusahaan di bidang Seafood dari total 750 perusahaan di bidang Kuliner dan HORECA.

Perusahaan yang mengikuti pameran ini berasal dari 27 negara seperti: Australia, Belanda, China, India, Indonesia, Iran, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea Selatan, Malaysia, Mesir, Oman, Pakistan, Palestina, Perancis, Polandia, Saudi Arabia, Singapore, Taiwan, Thailand, Turki, Uruguay, USA, Vietnam, Yunani.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Produsen Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan (AP5I), Budhi Wibowo menyampaikan, bahwa selain terus mengembangkan pasar ekspor, anggota AP5I akan semakin serius mengembangkan pasar dalam negeri produk olahan perikanan.

“Beberapa tahun terakhir ini permintaan pasar dalam negeri terhadap produk perikanan, terutama untuk produk olahan siap masak dan siap saji (ready to cooked and ready to eat) meningkat sangat tajam,” ucapnya.

Penjualan ke pasar dalam negeri selain dilakukan melalui berbagai retailer besar dan kecil, juga melalui penjualan online di berbagai ecommerce dan marketplace yang trend penjualannya terus mengalami peningkatan.

Budhi Wibowo menyatakan bahwa kendala utama peningkatan penjualan produk olahan perikanan ke pasar dalam negeri adalah sulit dan mahalnya pengiriman “door to door” produk frozen dalam jumlah kecil dari Industri Pengolahan perikanan ke konsumen akhir.

“Untuk mengatasi kendala tersebut, kami terus berkoordinasi dengan KKP dan perusahaan logistik khusus produk frozen. Secara bertahap kendala tersebut akan semakin teratasi, bahkan saat ini sudah mulai tersedia jasa fulfillment door to door produk frozen yang diperkirakan bisa memangkas biaya distribusi produk perikanan sekitar 10-20 %,” bebernya.

Dengan besarnya penduduk Indonesia dan ekonomi Indonesia yang terus berkembang dan telah berada pada urutan ke-7 ekonomi dunia, Budhi sangat optimis bahwa pasar dalam negeri produk olahan perikanan akan terus berkembang dengan pesat.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Krista Exhibition, Daud D Salim dalam sambutannya menyampaikan, Pameran “Seafood Show Of Asia dan Sial Interfood 2022” tahun ini terasa sangat istimewa setelah hampir 3 tahun vakum akibat pandemi Covid.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan