Kalbe Edukasi Penanganan Penyakit Musim Hujan

“Pada periode Januari-Februari 2023, potensi curah hujan bulanan dengan kriteria tinggi berpotensi di sebagian wilayah, yaitu Aceh, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat hingga Jawa Timur, Jogjakarta, Kalimantan Barat dan Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua,” ujar Miming.

Dalam kesempatan yang sama General Manager Commercial Kalbe Consumer Health, Kustanto Pramono mengatakan, saat terjadi banjir, dampaknya tidak sedikit, yakni dampak kesehatan, sosial, hingga lingkungan.

Oleh sebab itu, selain melakukan edukasi kesehatan, pihaknya juga memberikan donasi kebutuhan pokok, pemeriksaan kesehatan, dan bantuan obat-obatan untuk 10.000 kepala keluarga pengungsi korban banjir, di berbagai titik bencana di Indonesia.

Total donasi senilai lebih dari Rp. 1.000.000.000.

“Kami konsisten berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Selama tahun 2021, Kalbe Consumer Health telah berdonasi untuk korban bencana banjir di Tasikmalaya, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, banjir bandang di Sumedang, serta berbagai titik banjir lainnya,” ucap Kustanto.

Kalbe bersama IDI juga memberikan donasi berupa pembangunan MCK umum di Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Donasi yang diresmikan oleh Ketua IDI, dr. Adib Khumaidi, Sp.OT. pada 23 Oktober 2022, juga dihadiri istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya, dan Plt. Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan. Program donasi ini didukung oleh Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), organisasi masyarakat yang sukarela membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Kami sangat mendukung upaya Kalbe dalam program #KitaSiap BERSAMA. PSM berkontribusi dalam pemberikan informasi lokasi korban banjir, penyaluran bantuan dari Kalbe, serta informasi pasca penyaluran bantuan. Pemberian donasi dari Kalbe pun berjalan dengan proses yang cepat,” kata Sekretaris Jenderal PSM, Prof. Dr. Andriansyah, M.Si.

Rangkaian CSR Kalbe berupa edukasi dan bantuan kepada korban banjir ini dikemas dengan campaign “Kita Siap BERSAMA”, yang berarti Siap BERsihkan tubuh, Sedia obat-obatan, Air bersih, dan makanan. Ini merupakan rangkaian kegiatan komprehensif dari pra-bencana, saat bencana, maupun pasca-bencana.

Pada fase pra-bencana, Kalbe Consumer Health bersama IDI dan BMKG melakukan edukasi. Di antaranya, mengenai potensi ancaman bencana banjir, potensi ancaman kesehatan jika terjadi banjir, dan tips agar tetap menjaga kesehatan saat banjir.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan