Vandalisme di Babakan Siliwangi dan Sayembara Pemkot bagi Penangkap Pelaku

JabarEkspres.com, BANDUNG – Tembok yang telah dihias cantik di Jalan Babakan Siliwangi (Baksil) tampaknya telah menjadi media canvas langganan bagi para pelaku vandalisme di Kota Bandung.

Per hari Jumat, 30 September 2022 saja, tembok tersebut sudah tercoret kembali. Mural yang semula cantik itu berakhir kena timpa coretan kasar. Dimulai dari coretan dengan warna hitam, sampai tulisan-tulisan asal lainnya.

Menanggapi aksi vandalisme di tembok sepanjang 476 meter itu, Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan A. Brilyana, mengaku bahwa pihaknya sudah mendapatkan bukti video.

Aksi vandalisme yang terjadi pada Jumat, 30 September 2022, dini hari tersebut, kata Yayan, saat ini tengah dijadikan pembahasan terlebih dahulu, untuk selanjutnya ditindaklanjuti.

“Kita sedang cari pelakunya. Saya akan rapatkan dulu. Soalnya videonya sudah dapat. Tinggal saya rapatkan dan laporkan,” ucap Yayan saat dihubungi Jabar Ekspres, Jumat, 30 September 2022.

Dirinya menuturkan, selanjutnya, apabila identitas pelaku sudah diketahui, maka pihaknya bakal berkoordinasi dengan Satpol PP Kota Bandung.

Ia juga mengatakan bahwa sanksi hukuman yang berlaku telah disiapkan bagi pelaku.

“Agar selanjutnya mereka bisa diproses untuk menjalani sidang tindak pidana ringan (tipiring),” imbuhnya.

Dia menambahkan, pencarian identitas pelaku pun dianggap bakal lebih terbantu lagi oleh warga. Terlebih, pihaknya sudah menyiapkan hadiah bagi mereka yang berhasil melaporkan pelaku. Ada sayembara.

“Saya mau tetap mencari orang (pelaku vandalisme) dengan bantuan masyarakat, (soal) yang melakukan vandalisme,” jelasnya.

“Ada donatur (sayembara) yang datang ke saya, dan menawarkan hadiah uang tunai kalau ada yang berhasil menangkap pelaku,” pungkasnya.*** (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan