Hal-hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Sepeda Motor

  1.      Tentukan Jenis Motor Sesuai Kebutuhan

Meskipun namanya sama, namun Honda Vario memiliki variasinya masing-masing. Ada yang berkapasitas 125cc dan ada yang 150 cc. Sebelum datang ke toko, sebaiknya anda mengetahui perbedaan ini.

Apabila anda membutuhkan motor sebagai transportasi jarak jauh yang akan digunakan setiap harinya, motor dengan cc lebih besar bisa menjadi pilihan. Namun apabila kebutuhan anda sehari-hari hanya untuk mobilitas di dalam kota, motor dengan cc kecil lebih tepat. Dari matic Honda sendiri memiliki produk seperti Honda Beat atau Honda Scoopy yang desainnya unik dan cc kecil.

  1.      Sesuaikan Budget

Jika merasa bingung, anda bisa membuka aplikasi blibli dan melakukan pengecekan harga motor yang anda inginkan di sana. Namun tidak hanya itu, anda pun bisa melakukan pembelian secara langsung melalui aplikasi tersebut.

Dengan mengetahui harga motor, anda jadi bisa memperkirakan budget yang dibutuhkan. Bila lebih murah maka anda bisa menabung atau membeli kebutuhan lainnya. Namun jika kurang, anda bisa menunda pembelian dan mengumpulkannya kembali hingga uang cukup.

Selain itu, ketika mengetahui harga di pasaran, anda juga terhindar dari potensi penipuan oleh penjual yang tidak baik.

  1.      Cek Kondisi Motor

Ketika melakukan pembelian, anda harus melakukan deteksi menyeluruh terhadap motor tersebut. Melakukan hal ini tentu mudah karena kondisi fisiknya terlihat jelas.

Motor baru biasanya bebas dari penyokan, goresan, dan juga retak-retak. Selain itu beberapa part dibungkus oleh plastic yang menandakan bahwa sepeda motor tersebut belum pernah dipakai. Jangan lupa untuk menanyakan detail kelengkapan surat-menyurat seperti BPKB, STNK dan juga pelat. Hal ini penting karena motor tanpa surat dan pelat, tidak boleh dikendarai di jalanan.

Pastikan anda melakukannya ya, agar tidak terjadi kerepotan di kemudian hari

  1.      Coba Nyalakan Mesin

Nah, ini mungkin menjadi bagian paling mengasyikkan yaitu : Test Drive. Ketika motor datang, anda bisa mencobanya terlebih dahulu. Beberapa yang biasanya diuji coba adalah menyalakan mesin. Anda harus tahu tombol mana yang dipencet agar mesin menyala.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan