Sejarah Hari Olahraga Nasional Berawal dari Gagalnya Bertanding di Olimpiade London

JAKARTA – Sesuai sejarah tak terlupakan, Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September di Indonesia.

Tujuan memperingati Haornas ini tentu saja untuk memantik semangat sportivitas masyarakat Indonesia dalam berolahraga.

Sama seperti hari-hari peringatan nasional lainnya, ada sejarah Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diperingati setiap tanggal 9 September.

Haornas jatuh pada tanggal yang sama dengan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang pertama di Indonesia, yakni tanggal 9 sampai 12 September 1948 lalu di Kota Solo, Jawa Tengah.

Tanggal 9 September diketahui menjadi awal diselenggarakannya PON, akhirnya ditetapkan juga sebagai Haornas yang selalu diperingati setiap tahunnya oleh masyarakat Indonesia.

Menurut sejarah, seharusnya pada bulan September itu para atlet Indonesia ikut serta dalam ajang Olimpiade London tahun 1948.

Tetapi karena ketika itu kemerdekaan Indonesia belum sepenuhnya diakui oleh dunia, maka mereka pun tidak bisa bertanding sebagai wakil Indonesia.

Para atlet nasional baru bisa bertanding jika menggunakan paspor Belanda. Namun para atlet Indonesia menolak gagasan tersebut. Mereka hanya ingin bertanding sebagai wakil resmi Indonesia.

Akhirnya karena gagalnya Indonesia melaju ke Olimpiade London, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) pun memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi olahraga dalam negeri.

Kompetisi olahraga itulah yang disebut PON hingga saat ini. Dibuatnya PON ini juga sebagai bukti pada dunia saat itu bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan kompetisi olahraga mereka sendiri dengan skala yang cukup besar.

PON yang pertama tersebut menarik antusiasme yang besar dari masyarakat Indonesia.

Terhitung ada sekitar 600 atlet yang bertanding di 9 cabang olahraga berbeda demi memperebutkan total 108 medali.

Sejak saat itu, PON selalu rutin diselenggarakan sekali dalam empat tahun hingga sekarang.

Akan tetapi, sempat ada pembatalan penyelenggaraan PON pada tahun 1965 sehubungan dengan adanya tragedi G30SPKI. Begitu juga pada tahun 2020 di mana penyelenggaraan PON diundur hingga tahun 2021 karena pandemi Covid-19.

Dengan diselenggarakannya PON yang pertama tanggal 9-12 September, maka tanggal 9 September pun secara resmi dinobatkan sebagai Hari Olahraga Nasional bagi Indonesia. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan