3 Cara Mudah Bisa Naik Bus Gratis Di Bandung, Gampang Banget!

Jabarekspres.com –  Bus gratis menjadi salah satu hal yang ramai diperbincangkan di tengah naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Bus gratis ini yaitu Teman Bus, hal ini karena tarif ongkos per September 2022 saat ini masih gratis dan menjadi alternatif sebagian pengguna jasa transportasi umum.

Program Teman Bus ini ada di seluruh Indonesia sebagai peningkatan konektivitas kawasan perkotaan dari Kementerian Perhubungan RI dan Ditjen Perhubungan darat dengan tujuan menjadi transportasi ekonomis, mudah, andal dan nyaman.

Namun, masyarakat masih bingung terkait bagaimana cara menggunakannya?

Hanya dengan 3 cara ini, masyarakat bisa menggunakan Teman Bus yang per September 2022 ini masih gratis.

Dilansir dari akun Instagram @temanbusbandung berikut adalah 3 cara mudah menggunakan bus gratis menggunakan Teman Bus Bandung:

  1. Download aplikasi Teman Bus

Aplikasi Teman Bus ini tersedia di Google Play Store atau App Store.  Fungsi dari aplikasi ini, masyarakat bisa mengecek rute Teman Bus terdekat, dan berbagai fitur lainnya.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini bisa juga sebagai alternatif lain jika masyarakat tidak memiliki kartu non tunai.

Hal ini karena masyarakat bisa menggunakan QR Code yang ada di dalam aplikasi. Caranya, pertama buka aplikasi teman bus, pilih profil/setelan. Lalu pilih QR Code . Terakhir Scan pada perangkat reader  yang ada di dalam armada Teman Bus.

Perhatikan juga apakah bus tersebut  sudah ada scan reader atau belum.

  1. Bisa menggunakan kartu non tunai

Kartu non tunai tersebut yaitu Tap Cash BNI, Flazz BCA, E-money Mandiri, dan Brizzi BRI. Bisa juga mendapatkan kartu non tunai di minimarket terdekat atau bank yang menyediakan.

  1. Tunggu di halte, naik dan tempel kartu non tunai

Itulah beberapa cara mudah untuk menaiki Teman Bus di Bandung. Intinya, jika ingin menggunakan Teman Bus masyarakat wajib menggunakan e-money atau QR code pada aplikasi Teman Bus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan