Cara Gampang Bersihkan Paru-paru dari Partikel Penyebab Penyakit

JABAREKSPRES.COM – Paru-paru merupakan organ vital manusia yang sangat penting fungsinya. Sayangnya banyak yang mengabaikan kesehatan paru-paru dengan melakukan pola hidup yang tidak sehat. Padahal ada cara gampang untuk bersihkan paru-paru dengan  pola hidup yang lebih sehat.

Penyakit yang paling banyak terjadi di paru-paru adalah kanker dan flek. Penyakit tersebut salah satunya disebabkan oleh paru-paru yang kotor dan tidak terjaga kesehatannya. Penyebab paru-paru kotor karena ada partikel-partikel kecil yang terserap masuk kedalam jaringan paru.

Partikel-partikel tersebut masuk ke paru-paru saat menghirup udara yang sudah terkontaminasi, diantaranya karena asap rokok, debu, zat beracun, dan virus maupun bakteri

Dilansir dari alodokter, berikut sejumlah cara membersihkan paru-paru anda yang kotor.

1. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok dalam jangka panjang bisa menyebabkan peradangan dan kerusakan sel di paru-paru yang dapat memicu penyakit, seperti PPOK dan bahkan kanker paru.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa semakin cepat seseorang berhenti merokok, peluang paru-paru untuk sembuh semakin besar dan risiko mengalami kerusakan paru-paru permanen akan lebih rendah.

Oleh karena itu, jika ingin membersihkan paru-paru, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan berhenti merokok.

2. Menghindari asap rokok

Meski tidak merokok, sering menghirup atau terpapar asap rokok juga bisa membuat paru-paru menjadi kotor. Ini karena asap rokok yang keluar dari mulut dan rokok yang dibakar mengandung ratusan racun yang berbahaya jika terhirup.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari sering berada di dekat orang yang sedang merokok.

3. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan

Cara membersihkan paru-paru selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti buah dan sayuran. Hal ini karena antioksidan memiliki efek antiradang yang dapat melindungi dan menurunkan risiko kerusakan pada organ tubuh, termasuk paru-paru.

4. Menghindari paparan polusi

Sama halnya dengan asap rokok, sering terpapar polusi bisa membuat paru-paru menjadi kotor dan rusak. Oleh karena itu, bila sedang beraktivitas di luar ruangan dengan kualitas udara yang buruk, sebaiknya gunakan masker untuk melindungi paru-paru.

5. Berolahraga secara rutin

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan