Geger! Kasus Suspek Cacar Monyet di Jawa Tengah, Ini Dia Gejalanya

Jabarekspres.com – Baru-baru ini kementrian kesehatan menyatkan ada pasien berstatus suspek cacar monyet di Jawa Tengah.

Juru bicara Kementrian kesehatan Mohammad Syahril mengungkapkan bahwa laporan terbaru saat ini terdapat 1 warga Jawa Tengah yang memiliki gejala cacar monyet.

“Untuk pemeriksaan lebih lanjut dan memastikan cacar monyet atau bukan, akan dilakukan pemeriksaan laboratorium PCR untuk memastikannya,” kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril saat dikonfirmasi di Jakarta, pada Rabu (3/8).

Mengutip dari berbagai sumber, Syahril yang juga menjabat sebagai Dirut RSPI Sulianti Saroso Jakarta mengatakan pasien tersebut adalah seorang laki-laki berusia 55 tahun yang tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri.

Saat ini pasien yang berstatus suspek tersebut saat ini sedang menjalani perawatan di ruang isolasi salah satu rumah sakit swasta di Jawa Tengah untukn proses penyembuhan. Menurutnya, penyakit tersebut bisa jadi cacar biasa atau penyakit lain.

Ia juga mengatakan hingga kini kemenkes masih melakukan investigasi lebih lanjut supaya memastikan jenis penyakit yang dialami pasien tersebut.

Melansir dari berbagai sumber, gejala cacar monyet mirip seperti cacar air, hanya saja lebih ringan, perbedaan yang paling utama gejala cacar dan cacar monyet adalah bahwa cacar monyet menyebabkan kelenjar getah bening membengkak sedangkan cacar tidak.

“Ciri yang membedakan infeksi cacar monyet dari cacar adalah perkembangan pembengkakan kelenjar getah bening,” kata CDC.

Gejalanya muncul dalam 7 samapi 14 hari, tetapi juga dapat berkisar antara 5 sampai 21 hari setelah terinfeksi.

Berikut ini beberapa gejala cacar monyet yang perlu di waspadai:

1. Demam
2. Sakit kepala
3. Nyeri otot
4. Sakit punggung
5. Pembengkakan kelenjar getah bening
6. Panas dingin
7. Kelelahan

Setelah 1 sampai 3 hari setelah demam, orang itu akan mengalami ruam, dimulai dari wajah lalu menyebar ke bagian tubuh lain.

Berikut adalah ruam yang berkembang dalam urutan:

* Makula, atau lesi berubah warna datar
* Papula atau lesi yang sedikit terangkat
* Vesikel atau benjolan dengan cairan bening
* Pustula atau benjolan dengan cairan kekuningan
* Keropeng

Lesi akan menghilang setelah mengering. Umumnya gejala cacar monyet berlangsung sekitar 2 hingga 4 minggu lalu hilang tanpa pengobatan seperti suspek cacar monyet Jawa Tengah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan