5 Manfaat Sehat Kopi Hitam bagi Kesehatan, Menurut Penelitian

Editor:

Menurut American Institute for Cancer Research, fitokimia dalam kopi dapat mengurangi perkembangan sel kanker dengan memperlambat pertumbuhan sel. Kafein sendiri juga dapat mendorong karsinogen melalui saluran pencernaan lebih cepat; asam fenolik dapat meningkatkan pertahanan anti-inflamasi.

Secara keseluruhan, satu cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi tingkat kematian akibat penyakit serius. Minum tiga cangkir atau lebih bisa mengurangi risiko kematian dini sebanyak 16 persen.

  1. Kopi dapat meningkatkan kinerja otak

Kopi baik untuk meningkatkan produktivitas saat ini, tetapi mungkin juga menawarkan manfaat bagus bagi otak dalam jangka panjang. Penelitian telah menunjukkan bahwa penurunan kognitif lebih rendah pada orang yang mengkonsumsinya—dalam satu meta-analisis hingga 16 persen. Selain itu, konsumen kafein telah menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson, berdasarkan penelitian bertajuk “Usual Caffeine Consumption and Health” dari laman Health Gov.

  1. Kopi bisa membantu melindungi jantung 

Meminum empat cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan 21% risiko terkena penyakit jantung dan risiko terkena stroke sebanyak 20%. Secara keseluruhan, tiga cangkir memberikan penurunan 21 persen dalam risiko penyakit kardiovaskular, dilansir dari laman Harvard T.H Chan.

  1. Kopi dapat meredakan gejala depresi

Sementara siapa pun yang mengalami tantangan kesehatan mental harus mencari bantuan profesional, tidak diragukan lagi diet dan olahraga dapat berperan untuk memulihkan keadaan emosional. Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam kopi mungkin memiliki efek neurologis yang positif. Satu studi mengamati bahwa mereka yang minum empat cangkir setiap hari 10 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena kecemasan.

Demikianlah 5 manfaat sehat kopi bagi kesehatan tubuh dan mental.


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *