Contoh Teks Pidato Kemerdekaan Singkat Tema: Sikap Patriotisme HUT RI Ke-77

Jabarekspres.com- Pada setiap upacara kenaikan bendera 17 Agustus, biasanya pembina upacara akan membawakan pidato kemerdekaan. Berikut adalah contoh pidato kemerdekaan 17 Agustus 2022.

Bagi Anda yang ditunjuk menjadi pembina upacara pada tanggal 17 Agustus 2022. Verikut merupakan contoh pidato singkat yang cocok dibawakan saat upacara kenaikan bendera.

Dikarenakan upacara ini diadakan dalam rangka HUT RI yang ke-77, maka dari itu alangkah baiknya pidato atau amanat upacara mengangkat tentang kemerdekaan Indonesia.

Jika Anda sedang mencari contoh pidato kemerdekaan singkat bertemakaan kemerdekaan.

Di bawah ini merupakan contoh pidato yang mengangkat tema tentang sikap patriotisme.

Berikut contohnya:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Saya sampaikan yang terhormat pada Bapak Kepala Sekolah SMP Berseri, Bapak dan Ibu guru, staf, serta murid-murid yang saya sayangi.

Pertama marilah kita mengucapkan syukur pada Tuhan yang Maha Esa. Pasalnya pada siang ini kita masih diberi kesempatan untuk menghadiri acara ini.

Apalagi hal ini bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-77.

Namun, kita tidak cukup hanya dengan merayakan kemerdekaan satu tahun sekali. Oleh karena itu, saya akan membahas tentang sikap patriotisme yang seyogiyanya dimiliki para pelajar.

Secara sederhana sikap patriotisme dapat dipahami sebagai kemauan untuk berkorban demi kejayaan Indonesia.

Dalam praktiknya kita juga tidak perlu berperang melawan penjajah, tetapi sikap ini tetap dapat tercermin dari langkah-langkah dalam mengisi kemerdekaan.

Tidak hanya itu, sikap patriotisme juga dapat dilakukan di banyak bidang kehidupan.

Misalnya mau mengikuti upacara bendera pada hari besar Indonesia, melakukan bakti sosial sesuai protokol kesehatan, dan rajin belajar.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab apabila kita rela berkorban untuk melakukan ketiganya dengan ikhlas, maka kita turut andil membentuk Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Jadi, mari kita pupuk sikap patriotisme dalam kemerdekaan. Kemudian lakukan dengan ikhlas bersama-sama.

Demikin pidato yang dapat saya sampaikan tentang sikap patriotisme. Apabila terdapat salah kata, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh pidato yang bisa Anda bawakan saat upacara kenaikan bendera 17 Agustus 2022, yang bertepatan dengan HUT RI yang ke-77.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan