Tari Jaipong Kidung Pananjung Miliki Konsep Tematik

Di tempat sama, Komposer lagu Tari Jaipong Tematik Iki Boleng mengatakan, lagu Kidung Pananjung sebetulnya diambil dari beberapa lagu Jaipong klasik di antaranya ronggeng gunung dari pangandaran dan sedih prihatin yang sudah umum.

Kemudia dari beberapa lagu itu dikemas dengan mengaransemen ulang lagu-lagu itu. Akan tetapi di dalam penggarapannya menemukan sesuatu yang diinginkan dengan cara melihat langsung penarinya.

Hal ini dilakukan ketika proses recording. Sehingga memiliki kepuasan dalam membuat lagu jaipong dengan diiringi gerakan tari.

”Kan kebanyakan dalam proses pembuatan lagu tari jaipong langsung membuat musiknya kemudian di peragakan. Nah dalam lagu Kidung Pananjung ini tidak demikian,” kata Iki.

Untuk itu, dengan konsep tematik merupakan sebuah gagasan baru dalam khasanah seni tari tradisional asal Jawa Barat ini.

”Jadi sebelum lagu ini ditampilkan dalam sebuah ajang lomba, para koreografer dan guru seni tari, harus memahami dulu tujuan dan konsep lagu Kidung Pananjung itu,” pungkas Eki Boleng yang juga praktisi seni itu. (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan