Retinol: Manfaat dan Efek Samping

JabarEkspres.com – Retinol merupakan salah satu jenis obat yang berasal dari vitamin A. Ia termasuk ke dalam jenis retinoid. Kamu bisa mendapatkan produk retinoid yang dijual secara bebas (OTC) maupun resep obat retinoid.

Menurut American Academy of Dermatology, retinol OTC biasanya hadir dalam dosis sebanyak dua persen. Jika kamu memerlukan retinoid yang lebih kuat, kamu memerlukan beberapa resep tertentu.

Retinol merupakan obat yang biasanya diterapkan pada kulit. Umumnya, ia digunakan sebagai pengobatan tropikal.

Salah satu hasil dari pengobatan kulit ini adalah meningkatnya pergantian sel kulit dan mencegah kerusakan kolagen. Ia menumbuhkan kelenturan kulit.

Karena manfaat retinol dapat menembus hingga stratum korneum dan dermis kulit, maka ia tentunya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit.

Orang-orang biasanya menggunakan pengobatan kulit ini untuk mengobati jerawat. Jerawat merupakan masalah kulit wajah. Suatu kondisi di mana sel kulit mati dan minyak dari kelenjar menghalangi folikel rambut kulit.

Kerusakan yang disebabkan oleh bakteri bisa menyerang daerah pori-pori hingga mengalami penyumbatan. Hal tersebut membuat peradangan dan menjadi penyebab komedo, komedo putih, jerawat, dan kista.

Dalam hal ini, retinol dapat mengatasi penyumbatan pori-pori sebagai akibat dari pengelupasan kulit abnormal. Pun ia dapat mengatasi peradangan dengan cara menghadang molekul yang dapat menyebabkan peradangan.

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari pengobatan kulit ini, kamu bisa mengombinasikannya dengan suplemen antimikroba. Kombinasi tersebut dapat meningkatkan daya sembuh dari pengobatan jerawat di wajah.

Biasanya kombinasi tersebut dilakukan pada orang-orang yang mengidap jerawat parah. Dengan demikian, pengobatan kulit ini saja tidak cukup (retinoid yang lebih lemah). Oleh karena bagi mereka yang mengalami masalah jerawat parah, maka kamu boleh menggunakan isotretinoin. Akan tetapi, kamu harus terlebih dahulu mendapatkan resep tertentu dari dokter kulit untuk menggunakan retinoid jenis ini.

Selain itu, retinol juga biasanya digunakan oleh mereka yang menginginkang kulit awet muda. Hal ini karena retinol mempunyai manfaat berupa mengencangkan kuliut dan mengatasi sifat penuaan kulit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan